Gempa 4,5 SR Guncang Sumba Barat Daya, Gempa 7,3 SR, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami
Ilustrasi gempa © Istimewa
ads

MALANGTODAY.NET – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, bahkan guncangan tersebut juga dirasakan hingga ke luar daerah seperti di Kabupaten Garut dan Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter tersebut terjadi di 58 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 KM pada Senin pukul 01.00 WIB.

“Berdasarkan peta guncangan gempa dari data akselerograf, gempa Tasikmalaya dirasakan manusia yang tidak sedang tidur (gempa jam 1 dini hari), di seluruh Jawa Barat, guncangan dirasakan seperti ada truk lewat dekat kita (skala II MMI), gempa tersebut tidak berdampak kerusakan,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Toni Wijaya.

Menurut Tony, karena gempa berkekuatan sedang (m=5) pusat gempa di kedalaman 63 km, sehingga getaran gempa menyebar luas di wilayah Jawa Barat, seperti Sumedang, Bajar, Pangandaran, dan Kabupaten Bandung.

Penyebab gempa bumi adalah aktivitas subduksi lempeng Indonesia Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan laju 61 mm per tahun dan menyebabkan deformasi atau perpatahan batuan di zona Benioff pada kedalaman 63 km.

Sementara itu, guncangan gempa tersebut dirasakan sejumlah warga di kawasan perkotaan Garut dan sebagian wilayah Kabupaten Bandung.

Seorang warga Karangpawitan, Kabupaten Garut, Irwan mengatakan guncangan gempa tersebut sangat terasa hingga membuat panik.

Irwan yang saat itu sedang tertidur, langsung terbangun ketika gempa yang berlangsung beberapa detik tersebut mengguncang.

“Saya lagi tidur langsung bangun karena merasakan gempa,” ujar Irwan. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)