MALANGTODAY.NET – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Kamis (27/04) mencatat gempa magnitudo 4.7  Skala Richter (SR) mengguncang Blitar, Jawa Timur.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 14.03.13 WIB. Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG, pusat gempa berada di laut 89 kilometer Tenggara Blitar dengan kedalaman 29 kilometer.

Lokasi gempa di 8.83 Lintang Selatan dan 112.49 Bujur Timur.

Gempa turut dirasakan wilayah Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Musripan,SE, mengatakan di daerah ini (Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung) guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh  beberapa orang,” katanya, Kamis (27/07).

“Terkait dengan peristiwa gempabumi  yang baru saja terjadi, hingga laporan disusun pada pukul 14.50 WIB belum ada aktivitas gempabumi susulan,” lanjutnya.

Meenurut Musripan, pemicu gempa bumi diperkirakan adalah aktivitas pergerakan lempeng tektonik akibat pertemuan lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia.

“Pemicu gempa bumi ini diperkirakan adalah aktivitas pergerakan lempeng tektonik akibat pertemuan lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia, dimana lempeng Indo Australia menumjam kebawah lempeng Eurasia, zona pertemuan lempeng tersebut sangat aktif terjadi gempa bumi,” tuturnya.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, namun ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang, dan mengikuti arahan BPBD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.