Fenomena Langka, Jumlah Sumur Ambles di Kediri Terus Bertambah
petugas memeriksa sumur yang ambles @kompas

MALANGTODAY.NET – Fenomena amblesnya sumur membuat kegegeran warga Desa Manggis, kabupaten Kediri.

Dari laporan yang diterima, ada 55 sumur milik warga di daerah tersebut ambles dan kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah.

Menanggapi fenomena tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, meminta Pusat Vulkanologi Bencana Mitigasi (PVMBG) Bandung untuk meneliti kejadian yang sudah terjadi sejak Senin (24/4) lalu.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agata berharap tim peneliti dari PVMBG segera datang untuk mengetahui penyebab dari kejadian ini.

“Kami belum mengetahui dengan pasti penyebab sumur ambles tersebut. Namun, kami sudah meminta warga untuk menjauh dari lokasi dengan radius 3-5 meter. Hal itu dilakukan, guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Kamis (27/4).

Selain mengirimkan surat ke PVMBG, BPBD Kabupaten Kediri juga mengirimkan surat ke ITS Surabaya, dengan harapan mereka juga melakukan penelitian.

“Kami imbau tidak menggunakan sumur. Kami pun melarang aktivitas di sekitar sumur dengan jarak 3-5 meter,” kata Randy.

Ia menambahkan, hingga kini yang kelihatan terjadi ambles adalah sumur warga. Sementara, untuk rumah warga ataupun bangunan lainnya belum ada laporan yang masuk dari warga.

Mengantisipasi warga yang kesulitan air, karena sumurnya ambles, BPBD Kabupaten Kediri juga telah mengirimkan dua tangki air setiap hari. Pengiriman itu juga berdasarkan kebutuhan. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here