Gak Sopan Langkahi Makam, Sandiaga Uno Kena Semprot MUI Jombang
Sandiaga Uno @Tempo

MALANGTODAY.NET – Belakangan sedang viral terkait video Sandiaga Uno yang melangkahi dua nisan saat berziarah ke makam tokoh pendiri NU Kiai Bisri Syansuri di Jombang.

Terkait tindakan tersebut, Ketua MUI Jombang KH Kholil Dahlan menilai melangkahi makam merupakan sebuah perbuatan yang tidak terpuji. Menurut Dahlan, melangkahi makam orang sama saja tidak menghormati jasad orang tersebut.

Baca Juga: Temukan Mumi Kucing, Arkeolog Buktikan Posisinya di Kebudayaan Kuno

Ditambahkan pula oleh KH Kholil Dahlan bahwa mesipun sudah meninggal dunia, namun arwah seseorang akan tetap hidup. Jadi makam seseorang juga masih perlu dihormati.

“Pantangannya (ziarah) tidak boleh solat di atas makam, di antara dua nisan. Juga tidak boleh melangkahi makam. Kalau mau lewat, jangan melangkahi di antara dua nisan,” terang KH Kholil Dahlan seperti dilansir dari detik.com, Senin (12/11/2018).

Baca Juga: 5 Makanan Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Indonesia Banget!

Menurut Ketua MUI Jombang ini, bahwa hukum dari melangkahi makam adalah makruh. Melangkahi makam adalah akhlak yang tidak disukai oleh Allah SWT.

“Hukumnya makruh, akhlak yang tidak disukai oleh Allah SWT,” bebernya lebih lanjut.

Meski begitu, Kiai Dahlan menolak memberikan komentar lebih lanjut dan lebih khusus terkait video Sandiaga Uno yang beredar luas itu. Dirinya enggan jika kemudian komentarnya dikait-kaitkan dengan urusan politik.

Baca Juga: Ajaib, Jenazah Ini Tiba-tiba Bangun Saat Dimandikan!

Di sisi lain, kritik serupa juga pernah ditujukan kepada cawapres nomor dua itu terkati dirinya yang kedapatan berkampanye di pelataran masjid dengan masih menggunakan sandal.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...