MALANG KOTA – Pengembangan sektor pariwisata daerah membutuhkan sinergi banyak pihak. Selain pemerintah daerah, kontribusi dari perguruan tinggi, dunia bisnis, komunitas, dan media juga ikut berperan penting dalam meningkatkan daya tawar dan arah pariwisata.

Pentingnya kolaborasi sejumlah stakeholder dalam membangun pariwisata di Jawa Timur itulah yang bakal menjadi poin penting diskusi yang diinisiasi Universitas Brawijaya (UB) yang digelar besok (12/9).

Selain bakal dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, forum tersebut juga akan diikuti kepala daerah dari Malang Raya. Dikemas dalam tema ”Brawijaya Tourism Forum: Collaborative Governance dalam Meningkatkan Pariwisata Daerah”, diskusi digelar di gedung A FIA UB lantai 4.

Koordinator Kehumasan FIA UB Aulia Luqman Aziz mengatakan, diskusi akan membahas pada kolaborasi sejumlah stakeholder dengan pemerintah yang dikenal dengan istilah pentahelix dalam  pengembangan pariwisata.

Semangat FIA UB, dia mengatakan, sebagai akademisi ingin memfasilitasi kolaborasi pihak yang berkepentingan membangun wisata daerah. ”Tentunya dalam rangka bersama membangun pariwisata di masing-masing daerah,” terangnya.

Membangun pariwisata, kata dia, tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Maka harus ada sinergi dengan semua stakeholders yang kemudian disebut collaborative governance.

Forum diskusi tersebut nanti menjadi wadah urun rembuk perwujudan kolaborasi dalam membangun pariwisata daerah. ”Nanti pemerintah daerah kami harapkan berbicara tentang pengalaman pembangun wisata, kolaborasi dan tantangannya,” jelasnya.

UB sendiri, kata dia, menyiapkan pakar dari lima bidang keilmuan akademis. Mulai dari perspektif pariwisata berkelanjutan, perspektif kebijakan publik atau tata kelola pemerintahan, perspektif sosial kemasyarakatan, perspektif ekonomi, dan perspektif perencanaan wilayah. ”Nanti dari media massa juga menyampaikan perannya dalam pembangunan wisata, juga apa yang ditawarkan selanjutnya,” jelasnya.

Selain menghadirkan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Plt Bupati Malang H.M. Sanusi juga bakal duduk bersama.

Termasuk Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Dekan FIA UB Prof Bambang Supriyono, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, Komisaris PT ITDC Mandalika Drs Lalu Gita Ariadi, hingga Dirut PT Satria Lestari Nusantara Perkasa Ir Suryo Widodo.

Ada juga pakar pariwisata berkelanjutan FIA UB Edriana Pangestuti DBA, pakar ekonomi FEB UB Dias Satria, pakar kajian sosial FISIP UB Lutfi Amiruddin MSc, dan pakar tata wilayah FT UB Nindya Sari MT.

Pewarta : Fajrus Shidiq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.