JawaPos.com – Honda akan mengakhiri produksi mobil di Argentina pada 2020 mendatang. Honda Argentina sebagai gantinya akan fokus pada pembuatan sepeda motor.

Dikutip JawaPos.com dari laman Autonews, Kamis (15/8), awal tahun ini Honda memang mengumumkan niatnya untuk berhenti memproduksi mobil di beberapa negara yang menjadi basis produknya. Inggris dan Turki berhenti mulai 2021, serta akhirnya Argentina pada 2020 mendatang.

Honda Motor de Argentina SA (HAR), anak perusahaan Honda di Argentina yang saat ini memproduksi sepeda motor dan mobil, mengumumkan akan menghentikan produksi HR-V crossover subcompact di pabrik Campana di provinsi Buenos Aires tahun depan. Mulai 31 Mei 2020 fasilitas itu akan fokus pada pembuatan sepeda motor. Model yang saat ini dibangun termasuk Wave, CG150, dan XR150L.

Langkah tersebut dilakukan karena didorong kebutuhan Honda untuk memperkuat struktur bisnis mobilnya dalam menghadapi perubahan mendadak yang terjadi pada industri mobil di seluruh dunia. Produsen mobil ingin mengoptimalkan alokasi produksi mobil dan kapasitas produksi secara global.

Honda telah membangun mobil di Argentina sejak 2011 dengan model City dan HR-V, dan sepeda motor sejak 2006. Perusahaan mengatakan akan melanjutkan operasi penjualan mobil dan layanan purna jual di negara Amerika Selatan.

Pabrik Campana memiliki sekitar 1.000 karyawan dan sekitar setengah dari mereka saat ini nasibnya tidak jelas. Menurut Reuters, Honda sedang dalam pembicaraan dengan serikat pekerja lokal untuk menawarkan pembelian untuk pekerja yang terlibat dalam produksi mobil.

Perusahaan menegaskan bahwa keputusan menghentikan produksi mobil tidak ada hubungannya dengan hasil pemilihan utama di Argentina pada Minggu lalu. Mata uang Argentina dan pasar saham di sana jatuh pada Senin setelah koalisi kiri-tengah memenangkan pemilihan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.