Fenomena Langka, Jumlah Sumur Ambles di Kediri Terus Bertambah
petugas memeriksa sumur yang ambles @kompas

MALANGTODAY.NET – Jumlah sumur ambles dalam fenomena amblesnya sumur secara tiba-tiba di Kabupaten Kediri terus bertambah, hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri telah mencatat ada 133 sumur yang ambles.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agata menjelaskan sumur yang ambles tersebut berada di tiga desa, yaitu Manggis, Gadungan (Kecamatan Puncu), dan Sumberagung (Kecamatan Plosoklaten).

“Dari kesemuanya, yang paling banyak di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, hingga 129 sumur. Sementara, sisanya tersebar di daerah lainnya,” ujarnya, Senin (1/5).

Ia juga menyebut, Tim PVMBG Bandung masih melakukan penelitian di lokasi warga yang sumurnya ambles tersebut. Namun, Tim PVMBG meyakinkan jika fenomena alam itu kejadian yang bisa saja terjadi, terutama di daerah vulkanik.

“Intinya, fenomena alam ini sering terjadi di daerah vulkanik, tapi pada umumnya masih aman,” katanya.

Ia pun tetap meminta warga waspada dan tidak mendekati titik terjadinya sumur ambles, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kami minta waspada dan menghindari, meminimalisir di sekitar sumur,” ucapnya.

Selain sumur yang sudah ambles, Randy juga menyebut banyak sumur lainnya yang ada indikasi ke ambles. Kondisi itu diawali dengan air yang keruh serta mulai terlihatnya gerowong.

BACA JUGA: Geger, Fenomena 55 Sumur di Kediri Tiba-tiba Ambles

Sementara itu, hingga kini, BPBD juga masih mengirimkan air bersih untuk warga. Setiap hari, ada sekitar empat truk air yang dikirimkan.

Fenomena sumur ambles di Kabupaten Kediri terjadi sejak Senin (24/4). Sejumlah warga yang sumurnya ambles terpaksa membeli tanah, untuk menguruk dengan harapan bisa menekan ambles. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.