KOTA MALANG – Bengkel Mitra Ahass Teaching Factory di SMK Nasional resmi dilaunching pagi ini (21/9). Meski berada di lingkungan sekolah, bengkel ini memiliki sejumlah fasilitas yang bahkan lebih baik dari bengkel kebanyakan.

Di antaranya fasilitas ruang tunggu yang dilengkapi AC, coffee maker dan air mineral. Selain itu, ada juga free wifi, TV LED, tabloid atau koran.

“Jujur saya terkesima dengan ruang tunggu bengkel ini. Tidak sebesar di Ahass, tapi fasilitasnya itu ngalah-ngalahi bengkel AHASS. Ada coffee maker, AC, nyaman sekali,” kata Deputi general manager Technical Service Division MPM Surabaya, Satyo Prahnowo.

Seluruh layanan yang tersedia pada bengkel tersebut juga sama dengan standar yang dimiliki oleh Astra Honda Authhorized Service Station (AHASS). Seperti kemampuan mekanik, tools, hingga pengadaan suku cadang asli Honda (Honda Genuine Parts).

“Kami di sini punya kurikulum sepeda motor dari Honda, bahkan ada silabusnya. Guru yang mengajar sebelumnya telah kami sertifikasi di laboratorium milik Honda yang lebih besar,” tambahnya.

Kepala SMK Nasional Malang, Drs Mohammad Taufik mengatakan bengkel tersebut menjadi laboraturium jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Nantinya sebelum lulus, para peserta didik akan di uji kompetensi pula.

“Kami akan menguji untuk sertifikasi. Tentunya bekerjasama denan Honda. Untuk pengujiannya kami akan melibatkan mereka. Sehingga lulusan kami harapannya bisa memimpin lulusan dari semua SMK lain,” jelasnya.

Sebelumnya bengkel ini pagi ini telah diresmikan oleh Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN), Ir Kartiko Ardi Widodo MT. Serta Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

“Bengkel ini harapannya bisa membuat siswa lebih fokus lagi dalam mengasah skillnya. Terutama untuk menghadapi dunia kerja,” ujar Ketua Yayasan P2PUTN Ir Kartiko Ardi Widodo MT.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor :Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.