Wow! Ini Fakta Mencengangkan Tentang Pelaku Bom Surabaya
Pelaku bom Surabaya @ Antara Foto/Nanda Andrianta

MALANGTODAY.NET – Pihak kepolisian telah mengidentifikasi pelaku bom Surabaya yang melumpuhkan tiga gereja. Pelaku tersebut ternyata merupakan satu keluarga yang baru saja pulang dari Suriah.

Bukan cuma baru pulang dari Suriah, ada beberapa fakta mencengangkan lainnya tentang satu keluarga yang terdiri dari suami, istri dan empat anak ini.

Dilansir dari idntimes.com, yuk kita lihat apa aja sih fakta mencengangkan dari pelaku bom Surbaya ini?

Baca Juga: Pelaku Bom Surabaya Terungkap! Ternyata Berasal dari Satu Keluarga!

1. Ramah dan rajin salat berjamaah

Dita Oepriarto dan istrinya, Puji Kuswati dikenal warga sebagai sosok yang ramah dan kerap mengikuti kegiatan salat berjamaah di masjid dekat rumahnya. Kesehariannya, Puji juga dikenal sebagai wanita yang menggunakan hijab panjang, seperti yang tertera dalam foto yang beredar.

Tak hanya salat dan bersikap ramah, mereka juga sering melakukan aktivitas bersama seperti bersepeda di pagi hari. Tidak ada tabiat mencurigakan dari keluarga tersebut.

2. Rumah elite

Bukan dari keluarga yang menengah kebawah, keluarga Dita ternyata hidup berkecukupan. Keluarga ini diketahui tinggal di sebuah kompleks perumahan elite di Surabaya, yaitu Komplek Wonorejo Asri, Kavling 22, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Harga rumah yang ditinggali oleh keluarga ini pun disebut-sebut mencapai Rp. 1 Miliar! Mereka pun sudah menempati rumah tersebut selama delapan tahun.

Baca Juga: 5 Bulan Lalu Ternyata Mbah Mijan Pernah Meramalkan Teror Bom di Surabaya

3. Pengusaha minyak

Menurut informasi dari warga sekitar tempat tinggal Dita, Dita bekerja sebagai pengusaha minyak. Mulai dari minyak jintan, minyak wijen, dan kemiri. Pundi-pundinya pun didapatkan dari hasil usahanya ini.

4. Kegiatan warga

Walaupun ramah, Dita dan Puji ternyata jarang sekali mengikuti kegiatan warga. Banyak warga yang menilai bahwa keluarga Dita dinilai tertutup, meski anak-anaknya sering bermain di depan halaman rumah.

Meskipun begitu, Puji sering mengikuti kegiatan arisan bersama dengan warga sekitar. Namun ketika diminta datang ke acara RT atau kegiatan lainnya, Dita kerap menolak untuk datang.

Baca Juga: Ini Dia Nama-nama Korban Ledakan Bom Polrestabes Surabaya

5. Kelompok JAD-JT

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian membeberkan bahwa Dita Oepriarto merupakan mantan ketua Jemaah Anshaarud Daulah atau JAD cabang Jawa Timur. Selain itu Dita juga diduga terkait dengan Jemaah Anshaarud Tauhid (JAT) yang merupakan pendukung utama ISIS.

Kelompok ini bahkan sudah dicap sebagai teroris dunia oleh Amerika Serikat dan berdasarkan data di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, JAD berbasis di Indonesia.


Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...