KOTA MALANG – Hari ini (12/9) Presiden RI ke-3, BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Sebelum meninggal, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak sempat membuat rencana menemui istri Hasri Ainun Besari itu.

“Sudah lama saya ada rencana mau ketemu tapi beliau ternyata sakit dan saya diminta merahasiakan. Sebenarnya sudah cukup lama beliau dirawat,” kata Emil usai menjadi keynote speaker di Brawijaya Tourism Forum, di Aula Gedung Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sebulan yang lalu menurutnya BJ Habibie sudah siap menerima kunjungan darinya. Namun takdir berkata lain. “Ya tentunya saya mau minta wejangan ke beliau. Agar Jatim dibangun dengan landasan teknologi,” lanjut istri Arumi Bachsin itu.

Emil mengakui bahwa BJ Habibie merupakan salah satu idolanya. Bahkan jauh dulu sebelum tahun 1997 saat BJ Habibie masih menjabat sebagai menteri di pemerintahan Soeharto.

Penguasannya dalam bidang teknologi menurutnya luar biasa dan harus di contoh seluruh masyarakat Indonesia. “Dia bahkan dulu waktu bikin pesawat katanya pesawat bisa nggak ditukar sama beras? sampai kayak gitu tapi beliau tetap bangga,” sambungnya.

Orang nomor 2 di Jawa Timur ini diakhir wawancara mengungkapkan rasa kehilangannya. Ia merasa tersentuh karena Habibie sudah menjemput istrinya Ainun di keabadian.

“Beliau sudah bersatu kembali. Tapi di sisi lain, bangsa kita ini kehilangan tokoh bangsa yang sangat luar biasa. Kita harap semua anak bangsa melanjutkan cita-cita beliau,” tutupnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.