Ilustrasi Capres Jokowi (kiri) dan Capres Prabowo (kanan) @tribunnews
Ilustrasi Capres Jokowi (kiri) dan Capres Prabowo (kanan) @tribunnews

MALANGTODAY.NET – Hasil survei lembaga asal Australia, Roy Morgan, menunjukkan elektabilitas Capres 02, Prabowo unggul di lima daerah, sementara Capres 01, Joko Widodo unggul di tiga daerah. Siapakah yang bakal menang di ajang Pilpres 2019 nanti?

Capres 01 Prabowo mendapat banyak dukungan di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sumatera Selatan. Prabowo juga unggul secara keseluruhan di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Sementara, Capres 01, Joko Widodo merajai Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Roy Morgan adalah lembaga survei independen yang berasal dari Australia. Lembaga ini sudah beroperasi selama 75 tahun. Secara berkala juga turut merilis hasil survei untuk pemilu di Indonesia.

Lembaga ini melakukan survei pada pertengahan Februari sampai pertengahan Maret 2019. Pihaknya menggaet responden sebanyak 1.102 di atas usia 17 tahun di 17 provinsi. Metode yang digunakan dalam survei ini adalah metode wawancara tatap muka dengan Margin of error lebih kurang 1,3 persen.

CEO Roy Morgan, Michele Levine dalam keterangan tertulisnya mengatakan Prabowo mendapat dukungan terkuat di Ibu Kota Indonesia, Jakarta dan sekitarnya, yakni Jawa Barata dan Banten; serta Sumatera Selatan. Sementara Jokowi tertinggi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali,” katanya seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (3/4/2019).

Jokowi atau Prabowo?
Ilustrasi kedua paslon Pilpres 2019 @tribunnews

Apabila dirinci, Jokowi memperoleh suara tertinggi di kampung halamannya, Jawa Tengah. Elektabilitas Jokowi di Jawa Tengah mencapai 66 persen, sementara Prabowo hanya 34 persen. Sedangkan di Jawa Timur dan Bali, Jokowi mendapat 78 persen, Prabowo mendapat 22 persen.

Jokowi juga unggul di Sumatera Utara dengan perbandingan 58,5 dan 41,5 persen.

Pada kubu Prabowo, elektabilitasnya unggul di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Elektabilitas di tiga daerah tersebut mencapai 52,5 persen. Berbeda dengan Jokowi yang hanya 47,5 persen.

Keunggulan Prabowo juga tampak di Sumatera Selatan. Tingkat keterpilihan Prabowo di daerah tersebut mencapai 56,5 persen, sementara Jokowi 43,5 persen.

Tidak hanya di Sumatera Selatan, Prabowo juga menguasai di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Elektabilitas Prabowo di Kalimantan Prabowo mencapai 59,5 dan Jokowi 40,5 persen.  Sedangkan di Sulawesi mencapai 61 persen dan Jokowi 39 persen.

Jadi, siapakah yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.