Update Terbaru Survei Elektabilitas Pilpres 2019 Jokowi Vs Prabowo, Siapa Menang?
Prabowo Subianto dan Joko Widodo @ Kaskus

MALANGTODAY.NET – Pertarungan politik Pilpres 2019 semakin sengit. Beberapa lembaga survei pun terus memperbaharui dan merilis hasil jajak pendapat soal elektabilitas Jokowi dan Prabowo.

Salah satu lembaga yang telah mengeluarkan rilis survei elektabilitas Prabowo Subianto dan Joko Widodo adalah Alvara Research Center. Survei yang dilakukan oleh Alvara Research Center dilakukan pada rentan waktu 8-22 Oktober 2018 terhadap 1.781 responden di 33 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Juru Kampanye Bilang Tidak, Prabowo Malah Minta Maaf Soal Boyolali. Kurang Klop?

Hasil survei Alvara Research Center menunjukkan bahwa pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin lebih unggul dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Pasangan Jokowi – Ma;ruf menang dengan mendapatkan suara 54,1%. Pasangan Prabowo – Sandi tertinggal di angka 33,9%. Sedangkan 12,0% sisanya masih belum memutuskan.

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Warga Harus Waspada Potensi Pohon Tumbang

Survei ini sendiri menggunakan metode wawancara tatap muka dengan memakai metode pengambilan sampel secara acak atau dikenal dengan multistage random sampling. Dari proses ini, disinyalir margin of error dari survei hanya sebesar 2,37%.

Tak hanya Alvara Research Center, lembaga Indopolling Network juga melakukan riset serupa  terkait elektabilitas Pilpres 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Indopolling Network merilis survei peta elektoral kedua kubu di Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil survei ini, diketahui pasangan Jokowi –Ma’ruf masih lebih unggul dari pasangan Prabowo – Sandi. Jokowi unggul dengan 27% sedangnkan Prabowo 21,4%.

Baca Juga: Iming-Iming Cepat Kerja, Ternyata Pengangguran Terbanyak di Indonesia Lulusan SMK

Namun, keunggulan Jokowi dalam hasil survei ini belum terlalu kuat karena tingginya angka responden yang merahasiakan pilihannya dan responden yang masih belum menentukan.

“Menyatakan rahasia 22,4 % dan belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab sebesar 29,2%,” beber Direktur Indopolling Network Wempy seperti dilansir dari detik.com, Selasa (6/11/2018).


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...