Tutup Tahun, Ekonomi Jatim Tumbuh 5,57 Persen
Ilustrasi © istimewa

MALANGTODAY.NET – Hingga kuartal III 2016, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur tembus 5,57 persen, atau naik 0,23 persen dibanding tahun lalu. Sementara tahun 2015, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur masih menyentuh angka 5,34 persen.

Seperti diberitakan detik, pertumbuhan tersebut menurut Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya investasi yang masuk ke Jatim, tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi, dan pengeluaran pemerintah hingga Ekspor dan Impor.

“Selama empat tahun terakhir, investasi di Jawa Timur selalu masuk tiga besar terbaik Indonesia. Sampai sekarang, investasi di Jatim mencapai Rp 350 triliun,” ujarnya.

Sementara problem yang harus dihadapi dari segi sektor investasi adalah realisasi yang belum tuntas. Namun, konsumsi masyarakat yang cukup tinggi, hampir mencapai 60 persen menjadi sebuah pencapaian luar biasa. Sehingga, daya beli ini akan menjadi perhatian khusus pemerintah dengan berbagai cara, salah satunya memberi insentif yang dikeluarkan pemerintah.

Sedangkan ekspor-impor antara Jawa Timur dengan berbagai negara lain menurutnya mengalami penurunan. Namun, faktor ini dapat ditutupi dengan kenaikan perdagangan antar daerah.

“Ekspor kita ke luar negeri memang melambat. Tapi perdagangan antar daerah, dari Jawa Timur ke provinsi lain di Indonesia mengalami peningkatan,” katanya.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini juga menyebutkan, ada beberapa faktor pendukung lain peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jatim. Diantaranya industri pengolahan dengan kontribusi sebesar 29 persen. Kemudian perdagangan berkontribusi 17 persen, dan pertanian 13 persen.

“Tapi daya saing kita harus kembali ditingkatkan,” tambahnya.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here