Menerbangkan pesawat buatan Indonesia menjadi salah satu mimpi mendiang BJ Habibie. Sebelum wafat, Presiden ke-3 RI itu sempat menginisiasi proyek pengembangan pesawat R80 yang ia desain seniri.

Demi terwujudnya proyek ini, sejak tahun 2017 PT Regio Aviasi Industri (RAI) sebagai pengembang meluncurkan kampanye penggalangan dana secara masif (crowd funding). Crowd funding melalui Kita Bisa ini bertujuan untuk membangun prototype pesawat yang ditargetkan mengudara pada tahun 2022.

Sekaligus, mendukung biaya pengembangan proyek yang diprediksi mencapai USD 25 juta atau Rp 350 miliar.

Tak disangka, crowd funding R80 disambut sangat antusias oleh anak muda Indonesia. Sederet artis, musisi, influencer, penulis, hingga motivator pun juga turut aktif berpartisipasi dalam kampanye pesawat yang didesain untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah ini.

Di antaranya ada Anya Geraldine, Gita Savitri, Sheryl Sheinafia, Hivi, Ran, Brisia Jodie, Nikita Willy, Fiersa Besari, Nadine Chandrawinata, Najwa Shihab dan masih banyak lagi.

Mereka kompak mengenakan official merchandise Pesawat R80 seperti jaket bomber dan hoodie dengan ornamen bendera merah putih dan tagar #TerbangkanPesawatIndonesia. Dari akun Instagram @pesawatR80, terlihat banyak anak muda yang berdonasi melalui pembelian merchandise R80.

Terpantau hingga hari ini (14/9) jumlah donasi telah mencapai Rp. 9 Miliar! Selepas kepergiannya, semangat untuk mewujudkan mimpi Eyang Habibie kembali membara.

BJ Habibie menilai bahwa nilai utama crowd funding bukan dari jumlah dana, melainkan bukti dukungan rakyat Indonesia untuk kebangkitan teknologi khusunya pesawat terbang yang bisa dibanggakan di kancah dunia.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Editor : Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.