Duh, Pembangunan JLS di Kabupaten Jember Jalan Ditempat
ilustrasi @okezone

MALANGTODAY.NET – Hingga kini perkembangan kelanjutan pembebasan lahan untuk jalur lintas selatan (JLS) di Kabupaten Jember, Jawa Timur masih tersendat dan belum ada perkembangan yang signifikan.

Kepala Sub Seksi Pengaturan Tanah Pemerintah BPN Jember, Taufik Hidayat dalam rapat dengar pendapat di Komisi C DPRD Jember, Kamis (27/4) menyampaikan alasan tersendatnya program tersebut karena anggaran yang seharusnya dibayar oleh pemohon belum juga dilakukan sehingga pihaknya tidak bisa melangkah.

Menurut dia, sebenarnya tim untuk pembebasan lahan JLS sudah terbentuk dan bekerja di lapangan, bahkan untuk pengukuran lahan itu sudah selesai sejak tahun 2016 di dua desa yang dilalui JLS.

“Pengukuran di dua desa yakni Desa Sumberejo-Kecamatan Ambulu dan Desa Sanenrejo-Kecamatan Tempurejo sudah dilaksanakan tahun lalu. Untuk pengukuran di Desa Sumberejo sudah tidak ada masalah, sedangkan di Desa Sanenrejo sudah turun, tapi diam di tempat,” tuturnya.

“Masalah anggaran untuk pengukuran tanah tersebut dan bidang-bidangnya. Anggaran dana dari pemohon belum turun. Yang kami pahami, anggaran pembebasan lahan JLS melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumberdaya Air Pemkab Jember,” katanya.

Belum turunnya hasil itu membuat sejumlah hal tidak bisa dilakukan oleh pihak BPN dan tim pembebasan lahan JLS seperti pengumuman hasil pengukuran, termasuk juga belum bisa melakukan penghitungan nilai harga tanah warga yang akan dijadikan JLS.

“Hal itu membutuhkan appraisal atau juru taksir yang ditunjuk oleh pihak BPN, termasuk juga pembayaran ganti rugi, pelepasan hak dari pemohon kepada negara untuk pembangunan JLS dan kemudian penyerahan,” ujarnya.

Taufik mengakui hal tersebut terjadi karena kurangnya komunikasi kedua belah pihak karena pihaknya sudah mencoba bertanya beberapa kali ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumberdaya Air Pemkab Jember, namun mendapatkan jawaban anggaran belum cair. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here