JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) kembali menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, yang dimulai pada Jumat (12/7) hingga Minggu (14/7) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pameran KKI diselenggarakan guna mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menuju pasar global dan memaksimalkan platform digital (e-commerce).

Acara tersebut menggandeng platform e-commerce Shopee. Gubernur BI Perry Warjiyo berharap pameran ini dapat mendorong usaha kreatif dan mengangkat budaya daerah, serta mendorong pemasaran UMKM secara online.

“Hingga saat ini terdapat 898 UMKM binaan dan mitra BI, di antaranya 91 UMKM telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun dalam satu tahun terakhir. Lebih dari 355 UMKM telah memanfaatkan platform digital dalam pemasarannya serta 173 UMKM telah mendapatkan pembiayaan perbankan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Sabtu (13/7).

Perry menuturkan, saat ini masih ada isu strategis terkait ekonomi digital. Salah satunya mengenai tanggung jawab para pelaku e-commerce untuk melakukan penguatan terhadap UMKM dan produk lokal.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia menambahkan, sebagai e-Commerce yang beroperasi di Asia Tenggara, Shopee memberikan bagi UMKM Indonesia memperluas jaringan pemasaran hingga mancanegara. “Program ini sejalan dengan tema KKI 2019 Go Export dan Go Digital dan kami dengan senang hati menyambut keselarasan visi dengan Bank Indonesia,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Selain melalui pameran KKI, Shopee turut mendorong UMKM binaan BI melalui Kreasi Nusantara. Top produk di dalamnya meliputi berbagai kategori favorit di Shopee seperti fesyen, kudapan, kebutuhan rumah tangga, dan
lainnya.

Kampanye Kreasi Nusantara untuk KKI berlangsung dari tanggal 9-16 Juli 2019, dimana pengguna dapat menikmati cashback hingga Rp 100 ribu. “Melalui berbagai rangkaian acara di KKI 2019, Shopee sebagai salah satu e-commerce yang berpartisipasi berharap dapat memberikan dukungan nyata dan solusi bagi para UMKM yang hadir, dan dapat sama-sama menciptakan pertumbuhan ekonomi digital dan terus beradaptasi dengan tren global saat ini,” pungkasnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.