Dikjar Maluku Utara Tak Boleh Pangkas Kuota Siswa Baru!
Penerimaan Siswa Baru @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Ternate, Kamaluddin Ahmad meminta Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Maluku Utara, tidak memangkas kuota  penerimaan siswa baru pada sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Ternate.

Kepada Antara (13/3) Kamaluddin mengatakan bahwasanya, “SMK memiliki beberapa jurusan yang belum dimiliki sekolah lain yakni teknik pemesinan, tehnik audio vidio, teknik Geometika, dan teknik mekanik industry.”

Kamaluddin menjelaskan bahwasanya, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi generasi yang hendak memilih jurusan yang mungkin salah satu diinginkan ada di SMKN 2.

“Kami berharap agar ke depan tidak ada pembatasan kuota penerimaan siswa baru dari Dikjar Maluku Utara karena dulu saat berstatus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ada pembatasan,” ujar Kamaluddin.

Alasannya, kalau dibatasi, kemudian ada siswa yang pilih jurusan tidak ada di sekolah lain ini menyulitkan generasi yang memiliki masa depan masih panjang.

Apalagi, jurusan yang dipilih belum tentu dipakai pascasiswa tamat sekolah.

“Jika masih saja terjadi pembatasan kuota penerimaan siswa baru, maka SMKN 2 Ternate setiap tahun hanya bisa menampung 32 orang siswa dalam satu ruang kelas, ” kata Kamaluddin.

‪Padahal, satu ruang kelas memiliki daya tampung siswa bisa lebih dari 32 orang sehingga bisa ada penambahan kuota.‬

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here