MALANG – Saat ini Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, diketahui tengah dirawat intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Pribadinya, Rubijanto, pada Minggu (8/9) kemarin.

“Bersama ini kami informasikan bahwa Bapak B.J. Habibie sedang menjalani perawatan intensif. Beliau ditangani oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Subroto,” terang Rubijanto.

Namun, ditengah kondisi B.J. Habibie yang dirawat di rumah sakit, beredar kabar bahwa sang Bapak Teknologi tersebut meninggal, bahkan masuk peringkat atas di mesin pencarian. Keluarga Habibie pun sangat menyayangkan kabar bohong atau hoaks meninggalnya Presiden ke-3 RI itu.

Di acara konferensi pers, Thareq Kemal Habibie, putra B.J. Habibie pun menerima serangan pertanyaan bertubi-tubi mengenai kabar hoaks tersebut, dilansir dari sebuah outlet media.

“Jangan asal percaya, tolong cek dulu kebenarannya. Apakah sumber-sumber tersebut bisa dipercaya informasinya? Coba lihat dong Dewan Pers nggak menginformasikan. Jadi, jangan percaya hoaks. Percayakan saja ke wartawan yang memberi informasi kredibel, ujarnya di konferensi pers yang digelar di lobi RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9) malam kemarin.

Thareq pun meyakinkan pers bahwa saat ini kondisi B.J. Habibie sungguh membutuhkan waktu istirahat. Oleh karena itu, mantan menteri riset dan teknologi tersebut dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU).

“Keadaan bapak sudah stabil. Hanya saja bapak sekarang lagi lemas, belum bisa diajak bicara,” kata Thareq.

Kabar hoaks meninggalnya B.J. Habibie bukan baru kali ini terjadi, dan sudah sangat mengemuka, terutama di mesin pencarian internet. Sri Soedarsono, adik kandung Habibie, sangat menyesalkan kabar hoaks yang sudah terjadi berulang kali.

“Ada-ada saja orang iseng seperti itu. Semoga saja yang menyebarkan hoaks berumur panjang,” ujar Sri yang seusai menjenguk kakaknya.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.