Di Provinsi Ini Pengangguran Didominasi Sarjana, Kok Bisa Sih?
ilustrasi @inovasee

MALANGTODAY.NET – Hingga Februari 2017, Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Timur mencatat tingkat pengangguran terbuka di wilayahnya didominasi tamatan Perguruan Tinggi dengan angka 9,62 persen dari total 2,50 juta orang angkatan kerja.

Lebih rinci, Kepala Badan Pusat Statistik Nusa Tenggara Timur, Maritje Pattiwaellapia menjelaskan tempat kedua pengangguran terbuka di NTT ditempati tamatan Diploma I/II/III sebesar (6,40 persen).

“Tingkat pengangguran terbuka (TPT) terendah terdapat pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar ke bawah yaitu sebesar 1,73 persen,” ujarnya, Sabtu (6/5).

Hal ini menurutnya disebabkan oleh tamatan perguruan tinggi lebih cenderung memilih pekerjaa sesuai jurusan dan keahliannya termasuk peluang kerja sesuai dengan kondisi daerah seperti petani, peternak buruh, tukang, mengemudi dan lain sejenisnya dengan prinsip menghasilkan uang halal.

“Sedangkan tamatan yang berpendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan apapun terutama di NTT sektor pertanian masih merupakan sektor utama,” ucapnya.

Dalam setahun terakhir, persentase penduduk bekerja berpendidikan rendah turun dari 72,24 persen pada Februari 2016 menjadi 70,01 persen pada Februari 2017.

Sementara penduduk bekerja berpendidikan menengah dan tinggi meningkat masing-masing sebesar 1,52 poin dan 0,72 poin. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here