KOTA MALANG – Seminar yang diadakan panitia Creatonomics Business Creativity Competition (CBCC) 2019 hari ini (11/9) diisi oleh 3 pemateri yang luar biasa. Salah satunya adalah Bupati Pacitan, Drs. Indartato, MM.

Indartato dipilih karena kesuksesannya menumbuhkan ekonomi berbasis kelokalan di Kabupaten Pacitan. Sesuai dengan tema seminar yakni ‘Globalizing Local Wisdom for Sustainability’.

Dalam pemaparannya, Indarto menjelaskan bagaimana sebuah ekonomi dimulai dengan membangkitkan geliat masyarakat lokal. Salah satu potensi yang cukup besar ia kembangkan adalah potensi laut Kabupaten Pacitan.

“Saya fokuskan pembangunan di pesisir pantai. Kita hidupkan para nelayan maupun pengusaha di sana. Kalau sudah sukses sendiri by kelokalan, siapa sih investor yang tidak tertarik,” katanya dihadapan 270 peserta seminar.

Pria kelahiran Ponorogo itu mengingatkan kepada peserta yang hadir di Aula F Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) hari ini untuk menghidupkan kelokalan ketika memulai bisnis. Dimulai dari langkah kecil yakni ide bisnis untuk daerah asalnya.

Sebagai informasi, seminar hari ini merupakan rangkaian dari acara CBCC. Yakni kompetisi enterpreneurship skala nasional yang diadakan Program Studi Kewirausahaan Jurusan Manajemen FEB UB. Pemateri lain yang dihadirkan yakni Bayu Skak, dan pengusaha asal Malang, Dinar Hana.

“Ini adalah acara kami yang ke -3. Kita buat tema ekonomi yang mengangkat semangat kelokalan, mengingat anak muda saat ini sudah mulai meninggalkan budaya keloklan,” ujar Ketua Pelaksana CBCC, M Abdi Dzil Ikhram, SE, MM.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.