PUJON – Cafe Sawah di Desa Pujon Kidul makin populer. Sayangnya, jarak tempat parkir dengan lokasi Cafe Sawah cukup jauh. Para lansia atau orang yang kakinya mengalami cidera kesulitan menuju lokasi tersebut.

Pihak pengelola sebenarnya sudah menyiapkan fasilitas kursi roda gratis. Tapi ternyata tak banyak yang mengetahui hal tersebut. Dua kursi roda itu terpampang di depan Toko Pusat Ono-ono dekat lapangan parkir. Tidak ada papan tulisan bahwa kursi roda tersebut boleh dipinjam.

“Iya mungkin karena itu (belum ada tulisan). Sebenarnya kursi roda di sini ada 4 tapi rusak 2. Katanya sih bakal nambah lagi 2-3 kursi roda. Ya nanti mungkin dipasang tulisan bisa dipinjam, biar wisatawan tahu,” ujar staff Desa Wisata Pujon Kidul, Silvi Nandani.

Fasilitas kursi roda telah disiapkan sejak awal Juli 2019 hingga saat ini. Pengadaan ini dilakukan karena sejumlah masyarakat mengeluhkan lansia yang tak bisa jalan jauh. Tidak ada kriteria dan syarat khusus untuk menggunakannya.

Semua pengunjung bisa menyewa gratis dan tak perlu registrasi. Tidak ada juga batasan jam penggunaan. Untuk akses jalan bagi kursi roda pun telah dibuat oleh pengelola.

“Biasanya yang pakai ya orang tua-tua. Ada juga yang kemarin kakinya sakit habis kecelakaan. Lalu ada yang kayaknya masih rawat jalan pakai selang oksigen gitu sakit sesak,” tambah Silvi.

Salah satu pengunjung Nina Nur Fitriana mengatakan tak tahu jika kursi roda tersebut merupakan fasilitas bagi wisatawan. Ia mengira kursi roda tersebut hanya pajangan karena terletak di depan toko oleh-oleh. Ia sangat mengapresiasi adanya fasilitas ini.

“Bagus memang harusnya ada ini, karena jalannya jauh. Tadi saya mau ajak bapak saya yang sepuh nggak jadi karena takut nggak kuat. Eh nggak tahunya ada fasilitas ini,” kata wanita asal Pakisaji, Kabupaten Malang itu.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.