MalangTODAY.net
MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Aparat Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap  Abu Fauzan (AR), seorang terorisme yang telah berhasil memberangkatkan WNI ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan mengenai penagkapan. AR ditangkap di Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu pagi. AR telah diketahui kerap memberangkatkan Warga Negara Indonesia (WNI) ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok radikal ISIS.

"Ada minimal tiga pemberangkatan yang berhasil lolos, di antaranya Oktober, November 2015 dan Januari 2016," kata Irjen Pol Boy, Rabu (28/09).

Selain memberangkatkan WNI, Abu Fauzan juga diduga sebagai motivator para WNI sebelum menuju Suriah. "Dia memberikan motivasi dan pembekalan jawaban-jawaban bohong apa yang harus dikemukakan untuk mengantisipasi kalau para WNI tertangkap," jelasnya.

Dilansir merdeka, penangkapan Abu Fauzan ini dilakukan berdasarkan keterangan tiga tersangka lainnya yakni ANF, A dan W yang telah ditangkap lebih dulu. Polisi kini masih mengusut kemungkinan adanya pihak lain yang menyuruh Abu Fauzan memberangkatkan WNI ke Suriah.

"Masih didalami perannya, apa dia bekerja sendiri, apa disuruh," terang Boy. (mrd/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda