KOTA MALANG – Malam ini (15/7) Pembukaaan PIONIR (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset) IX UIN Malang dihadiri oleh beberapa petinggi mulai dari Plt Bupati Malang, Sanusi dan Menteri Agama RI Lukman Hakim. Dalam sambutan Menteri Agama, Lukman Hakim ia menceritakan perjuangannya menuju acara akbar PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) se-Indonesia itu.

“Sampai pukul 3 sore tadi saya masih di Jakarta Rapat Terbatas bersama sejumlah kabinet termasuk Presiden Jokowi,” ungkapnya di atas panggung.

Sedangkan butuh waktu 30 menuju Bandara Soekarno Hatta untuk mengejar keberangkatan pesawat dan jadwal rapat baru selesai sekitar pukul 15.30. Hal itulah yang membuatnya resah dan sempat takut tak bisa hadir pada pembukaan PIONIR IX. Beruntungnya, pukul 15.02 Presiden Jokowi mengakhiri arahannya.

“Tanpa seizin beliau saat itu saya meninggalkan rapat terbatas yang belum berakhir. Yang saya pikir kalau saya tidak hadir saya akan dimarahi seluruh mahasiswa PTKIN se-Indonesia. Sementara jika presiden yang tak berkenan hanya saya yang dimarahi,” katanya.

Namun Lukman dalam sambutannya yakin Presiden Jokowi tidak akan marah jika alasannya meninggalkan rapat karena menghadiri PIONIR IX UIN Malang ini. Presiden menurutnya sangat cinta betul pada mahasiswa PTKIN, titipan bangsa yang harus dijaga untuk masa depan.

PIONIR IX tahun ini diikuti sebanyak 3292 atlet dari 58 PTKIN se-Indonesia. Pelaksanaan lomba akan mulai dilakukan besok (16/7) hingga 21 Juli 2019 mendatang. Ada 3 lokasi yang dijadikan venue yakni Kampus UIN Malang, Kampus Pascasarjana UIN, dan Lippo Plaza Batu.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.