MALANG KOTA – Struktur organisasi dan tata kerja di lingkungan Pemkot Malang lebih ramping. Ini setelah program merger enam organisasi perangkat daerah (OPD) dapat lampu hijau dari legislatif.

Itu tersaji dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang kemarin. Salah satu yang dibahas soal Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, kemarin.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, program merger ini merampingkan dari 34 OPD tersisa 28 saja. ”Sudah melalui tahapan pembahasan, sudah ada lampu hijau,” tegas Sutiaji.

Selama proses merger ini, memang sempat ada disharmonisasi pada dinas PUPR dan disperkim. Karena porsi kerjanya nyaris sama. Namun, saat ini, menurut dia sudah tertata.

Kedunya merger dan tidak mengganggu penyusunan ABPD 2020. Karena APBD 2020 sudah disesuaikan dengan program perampingan menjadi 28 OPD. ”Pagu indikatifnya sudah mengacu pada APBD 2020 untuk 28 OPD, jadi tidak masalah,” kata pejabat asal Lamogan itu.

Struktur Organisasi dan Tata Kerja (STOK) baru tersebut, kata Sutiaji, nantinya dapat dilaksanakan sesuai target, yaitu tahun 2020. Efisiensi yang dilakukan Pemkot Malang, kata dia, sudah mendapat apresiasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Perampingan OPD di Kota Malang menurut dia bisa menjadi role model daerah lainnya. ”KASN sudah beri apresiasi,” tambahnya. Karena, lanjutnya, amanat UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), semangat reformasi birokrasi adalah ramping dan kaya fungsi.

Sebagaimana diberitakan, 6 OPD yang dirampingkan, yaitu dinas perdagangan bergabung dengan dinas perindustrian serta koperasi dan usaha mikro sementara. Dinas kebudayaan bergabung dengan dinas pendidikan.

Dinas pariwisata bergabung dengan dinas kepemudaan dan olahraga (dispora). Disnaker bergabung dengan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP).

Dinas perumahan dan kawasan pemukiman juga akan bergabung dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) serta dinsos bergabung dengan dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DP3AP2KB).

Pewarta : Fajrus Shidiq
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.