Mahfud MD @Suratkabar

MALANGTODAY.NET – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dikenal cukup aktif di social media. Akademisi yang kini menjabat sebagai Komisioner Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam beberapa momen kerap menyampaikan pendapatnya terkait dinamika politik terkini. Terbaru, ia menanggapi reuni 212 yang cukup ramai diperbincangkan netizen.

Baru-baru ini, Mahfud MD lewat akun Twitter-nya @mohmahfudmd mengunggah foto dirinya bersama Profesor Mitzuo Nakamura saat bertemu di Tokyo University, Jepang. Dalam unggahan tersebut, ia menceritakan profil Nakamura yang merupakan seorang Indonesianis asal Jepang yang sangat paham tentang NU dan Muhammadiyah.

Baca Juga  Mengejutkan, Cerita Mahfud MD Nyaris Tertipu First Travel

Namun salah satu netizen dengan akun Twitter @Caksoll berkelakar mengomentari postingan Mahfud tersebut. alih-alih mengomentari Nakamura, @Caksoll justru malah menyasar dasi yang dikenakan oleh mantan Menteri Pertahanan Indonesia itu.

“Prof dasinya buatan kafir ya???? Salam hormat proff,” ujar @Caksoll.

Melihat komentar tersebut, Mahfud menanggapinya dengan bercanda juga. Menurutnya, ia sendiri tidak mengetahui asal usul dasi yang dikenakannya itu. Hanya saja, ia menduga bahwa mungkin saja dasi tersebut terbuat dari pabrik yang pemiliknya beda agama dan pegawainya bisa saja seorang muslim. Ia juga menjelaskan bahwa hal tersebut bukanlah masalah berarti selama tujuannya untuk kemajuan.

Baca Juga  Nikah Muda Demi Hindari Zina, Perempuan Ini Tewas Dianiaya Suami

Meski terkesan biasa, ucapan Mahfud tersebut bisa jadi merujuk pada momen-momen politik belakangan ini yang seringkali melibatkan agama sebagai komoditinya. Terbaru, aksi reuni 212 yang terjadi di Jakarta hari Minggu lalu disinyalir melibatkan kepentingan politis pihak-pihak tertentu.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.