Kiriman bantuan dari ACT untuk korban banjir Bengkulu @Istimewa
Kiriman bantuan dari ACT untuk korban banjir Bengkulu @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Organisasi yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, ACT kembali menggugah kepedulian masyarakat akan bencana banjir di Bengkulu, Sabtu (27/4/2019).

Langkah awal yang dilakukan ACT yakni dengan mendirikan Posko Kemanusiaan dan Dapur Umum. Secara bertahap, ACT kemudian mengirimkan bantuan kemanusiaan tambahan pada Senin (29/4/2019).

Dalam bantuannya, organisasi ini mengirimkan bantuan berupa logistik dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Beberapa bantuan logistik yang dikirimkan yaitu susu, biskuit, sembako, popok bayi, selimut, dan pakaian. Kemudian, organisasi nirlaba ini juga telah mengirimkan tiga unit mobil rescue, satu unit Humanity Food Truck, dan satu unit ambulans pre-hospital.

ACT mengaku masih akan terus berkoordinasi menyusun kerangka aksi bantuan. Hal ini ditujukan agar aksi penggalangan bantuan juga semakin luas.

“Koordinasi dengan lintas lini dengan tim di wilayah Bengkulu, baru saja tuntas. Karena kedepannya, kita akan membentuk kerangka aksi bantuan. Kemudian juga kita akan meluaskan aksi, juga meningkatkan volume dan kekuatan aksi ini,” ujar Direktur Global Humanity Response ACT, Bambang Triyono.

Sehari setelah bantuan awal dari ACT dikirimkan, tepatnya pada Minggu (28/4/2019), warga masih banyak yang memilih berada di lokasi pengungsian. Sementara itu, warga yang memilih untuk tinggal di rumah bertahan dengan mendirikan tenda.

“Pengungsian masih masif. Banjir di wilayah kota mulai surut, tetapi di beberapa kabupaten, itu masih terendam. Jalan dan jembatan juga banyak yang putus, sehingga bantuan dan tim rescue belum bisa masuk dikarenakan akses kami jadi terbatas juga,” ucap relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bengkulu. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.