Facial foam, moisturizer, dan toner emang jadi basic skin care yang wajib dimiliki. Tapi, ada yang lebih penting nih. Yup, sunscreen atau tabir surya adalah produk skincare dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) yang dapat menghambat penetrasi sinar ultraviolet ke dalam kulit.

Menurut dr Sri Adila Nurainiwati, SpKK, “SPF adalah ukuran seberapa lama perlindungan yang diberikan terhadap sinar UV. Dari jumlah SPF, dapat diketahui keefektifan suatu tabir surya (sunscreen),” ujar dr Dila tersebut.

Matahari memancarkan tiga jenis sinar radiasi yang berbeda-beda, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Dokter Dila menuturkan bahwa tiga jenis sinar radiasi matahari dibagi berdasarkan panjang gelombangnya. “Semakin pendek gelombang, semakin besar tingkat radiasi yang bisa merusak kulit. Di antara semua sinar ultra violet, UVC adalah yang paling berbahaya. Tapi tenang saja, sinar UVC nggak bakal bisa merugikan kita karena terhalang oleh lapisan ozon,” ujarnya. Sayangnya, sinar UVA dan UVB dapat menembus lapisan ozon dan berdampak buruk pada kulit.

Mengaplikasikan tabir surya secara rutin jadi hukum wajib kalau ingin kulit aman terlindung dari UVA dan UVB. Dua jenis sunscreen yaitu chemical dan physical sunscreen punya peran berbeda yang sama pentingnya dalam melindungi kulit. “Physical sunscreen bekerja langsung menangkal sinar UVA dan UVB segera setelah diaplikasikan ke permukaan kulit. Jadi kita nggak perlu menunggu lama untuk merasakan efeknya.

Sedangkan chemical sunscreen melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UVA dan UVB lalu mengubahnya menjadi energi panas yang akan dilepaskan melalui permukaan kulit,” jelas dr. Dila.

Waktu pemakaian sunscreen yang tepat juga jadi hal yang harus diperhatikan. “Untuk daerah tropis, jam 10 pagi hingga jam 4 sore adalah waktu terbaik untuk menggunakan sunscreen,” ujar dokter yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyyah Malang ini.

“Sunscreen harus dioleskan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan supaya bisa meresap sempurna. Pengolesan kembali juga harus dilakukan tergantung dengan jumlah SPF yang terdapat pada sunscreen,” imbuhnya.

Jumlah SPF dalam sunscreen menunjukkan berapa kali lipat waktu kulit kita akan mengalami sunburn. Tanpa perlindungan, kulit normal akan mengalami sunburn dalam waktu 10 menit. Jadi, apabila sunscreen-mu mengandung SPF 30, berarti 30 x 10 menit = 300 menit sunscreen kamu bisa melindungi kulit. Dengan mengaplikasikan sunscreen secara berkala, you are ready to say bye to sunburn!

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Editor : Indra M

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.