KOTA MALANG – Siang ini (17/7) cabang seni pop solo islami Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX mengumumkan para jawaranya. Setelah melalui tahap seleksi 10 besar kemarin (16/7), siang ini 6 kategori juara diumumkan. Yakni juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3. Diantara 6 kategori tersebut, peraih 3 medali yakni emas, perak, dan perunggu seluruhnya merupakan penyanyi darah keturunan Pulau Sumatera, tak terkecuali peraih medali perak asal UIN Malang yang juga suku asli Provinsi Riau namun merantau ke Malang.

“Iya semua dari asli Riau yang dapat medali. Sedangkan untuk juara harapan ada dari Manado, Pare-pare dan Bandung. Penampilan mereka sangat bagus. Yang kemarin sempat ada kekurangan sedikit, saat masuk 10 besar semuanya memperbaiki,” terang Penanggungjawab Cabang Seni Pop Solo Islam, Penny Respati Yurisa.

Sebelum menginjak 10 besar, kemarin peserta telah dijaring dari 51 peserta. Di babak penyisihan, peserta diwajibkan menyanyikan masing-masing 1 lagu yakni Dealova karya Once untuk putra, sedangkan putri diwajibkan membawa lagu Mikraj Cinta milik Siti Nurhaliza.

Di babak final 10 besar, peserta membawakan lagu wajib tersebut dan satu lagu pilihan. Untuk putra bisa memilih lagu Pengakuan milik Power Metal atau Padamu Bersujud yang dipopulerkan oleh Afghan. Sementara putri dipersilakan memilih lagu milik Rossa berjudul Hijrah Cinta atau Ibu Dari Saka.

Penilaian kompetisi ini mengacu pada 3 aspek penilaian yakni dengan rincian maksimal nilai dari vokal 600 poin, intepretasi lagu 300 poin dan performa sebesar 100 poin. Juara 1, 2, 3 mendapatkan medali, sertifikat, piala, hingga souvenir boneka maskot sementara juara harapan mendapat bingkisan. Berikut daftar pemenang cabang seni pop solo islami PIONIR IX 2019

Juara 1 (920,5 poin) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Ranna Shapira
Juara 2 (914 poin) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Hadi Asrori
Juara 3 (908,5 poin) IAIN Langsa, M. Nursyeha

Harapan 1 (898 poin) IAIN Manado, Muhammad Surya Kadir
Harapan 2 (887 poin) IAIN Pare-pare, Abdul Syukur Natsir
Harapan 3 (875 poin) UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Nadia Syafrina

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.