Dalam Sepekan Belasan Ayam di Mukomo Mati Mendadak, Ada Apa Ini?
ilustrasi @solopos

MALANGTODAY.NET – Warga Kabupaten Mukomo, Provinsi Bengkulu dibuat resah dengan kejadian belasan ekor ayam peliharaannya yang mati mendadak.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman menjelaskan hewan belasan ternak yang mati mendadak dalam sepekan terakhir tersebut, sesuai hasil pemeriksann terserang penyakit tetelo atau ND dan ngorok atau CRD.

Ia menyebutkan, belasan ekor ayam yang mati tersebut peliharaan dua keluarga warga Kampung Dalam, Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko.
Warsiman menyatakan, petugas peternakan setempat telah melakukan langkah-langkah penanganan, yakni disinfeksi kandang ayam dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, petugas peternakan sudah memberikan vaksin ND terhadap sejumlah ayam sudah dan belum tertular penyakit tetelo dan ngorok.

“Beberapa pemicu ayam tersebut terserang penyakit tetelo dan ngorok karena stres lingkungan dan faktor cuaca yang tidak menentu, ayam mudah tertular penyakit itu karena penyebaran bakteri atau virus lewat debu,” imbuhnya.

Ia berpesan agar masyarakat segera melaporkan jika ada ayam yang sakit untuk mencegah penularan sejak dini.

“Kami imbau warga untuk melaporkan ayam yang sakit kepada petugas peternakan setempat dan setiap tiga bulan memberikan vaksin ND kepada ayam,” pungkasnya. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here