KOTA BATU – Kawasan wahana Wisata Pasar Parkiran, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir sejak tadi diramaikan dengan perlombaan yang digelar oleh Kecamatan Batu. Berbagai lomba yang diikiti oleh warga antara lain baris berbaris, cipta menu, hingga panjat pinang.

“Karena ini gelaran pertama, kami melibatkan Danramil dan Kapolsek sebagai panitia Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN) untuk menilai lomba yang ada,” jelas Yopi Supriadi Camat Batu.

Di lomba cipta menu misalnya, peserta harus memasak dengan memakai bahan pokok non beras dengan biaya tidak boleh lebih dari Rp 50 ribu. Lalu mars PKK menyanyikan lagu kemerdekaan dan daerah. Lomba tersebut diikuti oleh ibu koramil, bhayangkari polsek, PKK, Dharmawanita, perwakilan desa/kelurahan. Sementara itu untuk lomba panjat pinang akan digelar sebagai lomba penutup dan dilanjutkan dengan pesta rakyat berupa pentas seni.

Terpisah, Danramil Kecamatan Batu, Kapten Inf, Michael AJ sangat mengapresiasi gelaran ini. “Tidak ada pangkat dan jabatan di sini. Semua melebur menjadi satu sebagai rakyat Indonesia yang saling bersinergi untuk memenangkan lomba yang ada,” ungkapnya.

Michael berharap ke depan, lomba yang diikuti oleh setiap unsur masyarakat ini bisa menjadi anggota rutin sehingga bisa mempererat hubungan antara jajaran pemerintahan, jajaran hukum, dan masyarakat dalam sehari-hari. “Terlihat sekali bagaimana kuatnya kami jika semua saling bersinergi,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kapolsek Batu, AKP Moh Lutfi yang menuturkan bahwa perlombaan ini juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih oleh pahlawan Indonesia.

“Apalagi untuk kaum muda di era milenial ini. Perlombaan semacam inilah yang bisa menjunjung sportifitas dan rasa nasionalis karena kemerdekaan memang benar menjadi hak seluruh bangsa,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.