MALANG KOTA – Puluhan pelajar tampak mengantre di depan aula SMA 1 Muhammadiyah, kemarin (17/9). Mereka bersabar menunggu giliran mendapatkan pemeriksaan gratis Pelayanan Remaja Sehat Nasyiatul Aisyiyah (Pashmina) Kota Malang. Usai diperiksa, mereka pun senang mendapatkan kue dan susu.

Jihan Mawardah, Koordinator Pashmina, menyatakan, layanan kesehatan gratis yang diberikan meliputi pemeriksaan tekanan darah, indeks massa tubuh, hingga layanan gizi. ”Yang layanan gizi ini kami bagikan beberapa kue dan susu,” terangnya.

Jihan menambahkan, sebenarnya ada juga konsultasi psikologis yang disediakan pihaknya. Namun, sesi konsultasi tersebut dibatalkan karena waktunya terbatas.

Sementara jumlah peserta yang mengikuti layanan kesehatan gratis cukup banyak. ”Karena idealnya untuk konsultasi psikologis minimal 15 menit tiap anak,” terangnya.

Jihan menambahkan, kegiatan di bawah Nasyiatul Aisyiyah tersebut akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah lainnya. Sebab, program ini merupakan program tahunan Nasyiatul Aisyiyah pusat, untuk memberikan pelayanan kesehatan ke sekolah-sekolah di daerah.

Dia juga menambahkan, pemeriksaan ini juga bekerja sama dengan Poltekkes dan sudah berlangsung sejak tahun lalu. Baik dalam penyediaan volunteer tenaga kesehatan maupun pelatihan kesehatan untuk anggota dari Nasyiatul Aisyiyah Kota Malang. ”Jadi, Poltekkes sebagai penyedia tenaga serta beberapa pelatihan ilmu,” pungkasnya.

Akbar, salah satu siswa kelas XI, mengaku senang bisa ikut pemeriksaan kesehatan ini. Sebab, dia bisa mengetahui berapa tingginya di usia yang ketujuh belas tahun. ”Saya juga senang karena mendapatkan kue dan susu,” ujarnya riang.

Pewarta : Eri
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.