Wali Kota Malang, Sutiaji saat aksi bersih-bersih sungai Minggu (13/10).

KOTA MALANG – Musim penghujan sebentar lagi tiba. Langkah antisipasi dilakukan Pemkot Malang agar tidak sampai tejadi genangan air di tengah kota seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya dengan menggelar gerakan bersih-bersih lingkungan.

Aksi ini dilakukan hari ini (18/10) yang dipimpin langsung Wali Kota Malang Sutiaji. Seluruh kepala perangkat daerah, dibantu pasukan Dinas Lingkungan Hidup, pasukan Disperkim, pasukan satpol PP, dan satgas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) juga dilibatkan. Termasuk juga masyarakat luas. Untuk start bersih-bersih mulai Pasar Blimbing hingga eks kantor PDAM Kota Malang Jalan A. Yani Blimbing. Lokasi eks PDAM ini rencana akan dibangun MCC (Malang Creative Center atau Pusat Kreatife Kera Ngalam) pada tahun 2020 mendatang.

Kerja bhakti ini selain bertujuan mengontrol beberapa lokasi yang pada tahun sebelumnya masih mengalami genangan pada saat terjadi musim hujan, juga mengedukasi masyarakat bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

”Sebetulnya seluruh pasukan secara rutin selalu bekerja dalam menciptakan kebersihan Kota Malang. Tetapi harus didukung dengan upaya seluruh masyarakat, membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi sampah,” harap Wali Kota Malang Sutiaji.

Gerakan ini memang tidak cukup menangkal banjir secara menyeluruh. Namun setidaknya menjadi pemantik agar warga sadar untuk ikut menjaga lingkungan. Caranya dengan tidak membuang sampah seenaknya saja. ”Mulailah dari diri sendiri, dan mulailah sekarang,” pesan Sutiaji.

Foto: Darmono
Penyunting: Abdul Muntholib

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.