Cawapres Nganggur Saat Debat, KPU Siapkan Formula Khusus
Ilustrasi Ma'ruf Amin (kiri) dan Sandiaga Uno @Surat Kabar

MALANGTODAY.NET – Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 perdana pada 17 Januari 20-19 lalu masih menyisakan cerita tersendiri untuk publik. Salah satunya adalah kurang aktifnya peran calon wakil presiden (cawapres) dalam debat ini. Menilik hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyiapkan formula khusus untuk membuat cawapres lebih aktif saat debat.

Dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (22/1/2019), Ketua KPU Arief Budiman mengaku pihaknya tengah menyiapkan formula debat yang dapat mengeksplorasi peranan cawapres. Hal ini dilakukan untuk mencegah dominasi calon presiden (capres) yang lebih aktif.

“Iya betul, salah satunya untuk mengantisipasi itu (capres lebih aktif). Kami sudah memikirkan itu. Di debat terakhir nanti kami buat segmen antar capres sendiri, antar cawapres sendiri. Ini segmen yang dua-duanya bisa menjawab,” tutur Arief.

Rencananya, formula ini akan diterapkan pada debat ketiga yang jatuh pada 19 Maret 2019. Nantinya, KPU akan menyediakan satu sesi khusus antar cawapres. Menurutnya, hal ini senada dan sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pilpres. Dalam UU itu, debat Pilpres diadakan sebanyak lima kali dengan komposisi tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

“Jadi yang ini dibikin ada pasangannya, jadi bukan dikurangi. Capres itu tetap muncul bahkan di bawah juga muncul ada capresnya juga, lalu cawapresnya ikut satu kali. Jadi sebetulnya kalau dari sisi tampil capres malah tampil empat kali, dua kali sendirian, dua kali berpasangan. Cawapres tampil tiga kali,” ujarnya.

Pada debat yang lalu, Ma’ruf Amin selaku cawapres nomor urut 01 terlihat lebih banyak diam dan enggan menanggapi atau menambahkan pernyataan pasangannya, Joko Widodo. Ia berpendapat bahwa apa yang dilakukannya  bertujuan untuk mencegah terjadinya balapan pernyataan dengan Jokowi. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.