Cabai Busuk Kini Diborong Warga Hingga Pengusaha Kuliner
Ilustrasi Cabai (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Harga cabai yang melonjak selangit membuat para konsumen akhirnya nekat mengkonsumsi cabai busuk sebagai alternatif pengganti cabai segar.

Bahkan, di Bekasi, cabai tak layak konsumsi itu banyak diborong oleh usaha rumah makan atau warteg sebagai bahan masakan. Kebanyakan yang dikonsumsi adalah cabai busuk kering dengan harga Rp 40 ribu perkilogram.

“Cabai busuk ini banyak diborong oleh rumah makan atau warteg untuk bumbu masakan, bahkan ada juga yang membeli untuk dikonsumsi keluarganya biasanya dicampur dengan cabai segar agar harganya murah,” kata Damiria, pedagang cabai di Bekasi sebagaimana dikutip dari Republika.

Kualitas cabai busuk memang tidak sama dengan cabai segar, namun menurut Damiri, bakteri yang ada di cabai tersebut akan hilang dengan proses pemasakan.

Hal yang sama juga terjadi di Yogyakarta, dimana para pembeli kini banyak memburu cabai kering busuk untuk digunakan untuk campuran bumbu oleh para konsumen. Menurut laman Harian Jogja, cabai itu dihargai sekitar Rp 20 ribu perkilogramnya.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here