Guru Besar UI Sebut Bupati Banyuwangi Sebagai Bupati Instagram
Rhenald Kasali @Gramedia

MALANGTODAY.NET – Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), Rhenald Kasali baru-baru ini melayangkan pujiannya pada Kabupaten Banyuwangi. Menurutnya, pariwisata Banyuwangi saat ini telah menorehkan perubahan yang mengagumkan dari yang sebelumnya hanya sebagai daerah yang terisolasi.

“Lihat bagaimana Banyuwangi sekarang; Ini daerah di ujung timur Jawa, yang tersembunyi, terisolasi. Dulu kita kenal Banyuwangi sebagai daerah santet bersama Jember, hanya menjadi tempat transit kereta api menuju Bali, tempat penyeberangan,” tegas Rhenald dilansir dari Detik.com, Sabtu (20/10/2018) lalu.

Baca Juga: Sandiaga Kritik Pemerintah Soal Izin Nelayan, Susi: Ya Salah Kalau Nelayan

Di balik kesuksesan Banyuwangi tersebut, ia memuji setiap pihak yang terlibat dalam bidang pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilainya sebagai menteri yang paling bahagia karena selalu mengurusi hal-hal yang indah-indah.

Di samping itu, ia juga menyanjung Bupati Banyuwangi Azwar Anas dengan pujian yang tak disangka. “Pak Anas ini Bupati Instagram!” ucapnya disambut tawa para undangan di acara jamuan makan siang pementasan Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi.

Baca Juga: Disuruh Susi Belajar, Sandi: Woles Ajalah, Jangan Marah-marah!

Menerima pujian tersebut, Anas mengaku bahwa dirinya memang bertekad untuk menjadikan Banyuwangi bukan hanya sebagai tempat transit menuju Bali, melainkan sebagai tujuan wisata. Keseriusan tersebut diperlihatkan lewat pengembangan acara di kota ujung timur Jawa tersebut. tercatat, sekitar 77 agenda pariwisata dari skala lokal hingga internasional. Tak tanggung-tanggung, ia juga tengah memperjuangkan Bandara Banyuwangi menjadi skala internasional.

Rhenald sendiri dalam acara tersebut berpesan bahwa pariwisata merupakan lokomotif yang dapat menarik sektor-sektor lainnya. Seperti industri kuliner, hiburan, hotel hingga perikanan dan peternakan sekalipun.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...