Presiden Jokowi tampak meninjau lokasi calon ibu kota baru @sumutrealita
Presiden Jokowi tampak meninjau lokasi calon ibu kota baru @sumutrealita

MALANGTODAY.NET – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam kunjungannya itu, Jokowi menilik ke Bukit Soeharto yang menjadi salah satu kandidat lokasi ibu kota baru.

Meski sudah dikunjungi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa Bukit Soeharto tidak bisa dijadikan lokasi ibu kota baru. Dia mengatakan bahwa lokasi tersebut adalah wilayah hutan lindung yang akan tetap dilestarikan.

“Bukit Soeharto adalah hutan lindung tidak akan diganggu untuk keperluan ibu kota baru,” ucapnya seperti dilansir dari Detik.com, pada Senin (13/5/2019).

Menurutnya, hutan lindung harus dikembalikan pada fungsinya. Dia menegaskan tak akan mengubah fungsi tersebut di Bukit Soeharto demi lokasi ibu kota baru.

“Kita sepakat hutan lindung itu harus dikembalikan pada fungsinya karena saat ini banyak masyarakat gunakan lokasi tersebut untuk kebun sawit dan sebagainya. Jadi kita harus kembalikan Bukit Soeharto kepada fungsi utamanya sebagai hutan lindung,” lanjutnya.

Satu sisi, Bukit Soeharto memiliki keunggulan dibanding dua wilayah lainnya, yakni Gunung Mas dan Kawasan Segitiga, keduanya berada di Kalimantan Tengah (Kalteng). Satu hal yang menguntungkan dari lokasi ini adalah adanya infrastruktur tol yang menghubungkan Samarinda dan Balikpapan. Hal ini menjadi nilai plus Bukit Seharto.

Hanya saja, Bambang menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mengabaikan aspek lingkungan dalam prgram memeindahkan ibu kota.

“Yang menjadi komitmen Pak Presiden ketika kita bangun ibu kota baru tidak akan menganggu urusan lingkungan hidup. Jadi, kalau itu adalah hutan lindung, jadi harus dijaga,” tambahnya.

Sementara dua lokasi di Kalteng unggul dari sisi lingkungan. Ketersediaan lahan yang dibutuhkan guna membangun kota baru nanti lebih baik, tapi lokasinya cukup jauh dari eksisting dan infrastruktur pra sarana pendukung.

Akankah Jokowi memilih Gunung Mas atau Kawasan Segitiga menjadi lokasi ibu kota baru? Menurut kabar, lokasinya akan diumumkan tahun ini! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.