Warga Resah Dua Ekor Buaya Besar Sering Muncul di Dermaga
ilustrasi buaya @MalangToday/istimewa

MALANGTODAY.NET– Warga Nagari (desa adat) Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan dengan kemunculan seekor buaya muara.

Buaya tersebut kemudian berhasil ditangkap oleh warga dan kemudian diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Rabu (15/3) lalu.

Dikutip dari Antara, Wali Nagari Batu Hampar Selatan, Andi Hasan, di Painan, mengatakan, warganya membuat sebuah perangkap untuk menangkap buaya yang beberapa kali menampakkan diri ini. Setelah membuat perangkap, warga memasang perangkap ini dan kemudian buaya muara tersebut masuk perangkap yang dibuat oleh warga.

Menjelang siang buaya itu pun masuk perangkap dan warga bersegera melumpuhkan binatang melata itu dengan cara mengikat dia. “Alhamdulillah buaya itu bisa kami kendalikan hingga petugas BKSDA datang menjemput,” kata dia.

“Buaya betina sepanjang 2,8 meter itu beberapa hari terakhir menampakkan diri ke permukaan sungai dan warga kami berinisiatif membuat perangkap,” imbuh dia

Menurutnya, pada akhir 2016 buaya itu juga kerap menampakkan diri bahkan tim BKSDA juga turun tangan namun mereka gagal.(zuk)

 

 

 

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here