Kominfo Blokir 11 Situs Islam, MUI: Hal Ini Sangat Sensitif
Site bloked © Sky

MALANGTODAY.NET – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan pemblokiran terhadap 11 situs Islam yang dianggap mengandung konten negatif. Kemkominfo telah meminta agar penyedia jasa layanan internet (internet service provider) untuk memblokir puluhan situs tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh masyarakat.

Namun aksi ini mendapat reaksi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Lembaga yang mewadahi para ulama, zu’ama, dan cendikiawan Islam itu menyayangkan aksi tegas yang diambil  Kemkominfo.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid mengatakan aksi pemblokiran ini sangat menyinggung perasaan umat Islam karena tidak semua situs Islam membawa paham radikal yang mengarah kepada terorisme.

“Pemblokiran situs Islam mengundang reaksi umat karena hal ini sangat sensitif. Langkah ini bisa menjadi pro-kontra meskipun berdalih memberantas paham radikal dan terorisme,” tuturnya.

Seperti diberitakan liputan6, hingga saat ini pihak Kemkominfo belum memberikan alasan secara perinci soal pemblokiran situs Islam  tersebut.

MUI pun menilai pemblokiran situs sepihak ini adalah langkah kemunduran demokrasi. MUI meminta kepada Kominfo untuk mengevaluasi kebijakannya, dengan membuka ruang dialog sebelum melakukan pemblokiran terhadap situs apapun khususnya yang bersifat keagamaan.

“Agar dalam bertindak memiliki basis argumentasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Karena negara kita adalah berdasar atas hukum,” tandas Zainut.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here