BI Bakal Luncurkan Uang Pecahan Baru, Seperti Apa Penampakannya?
Uang Pecahan Baru (Pojok Satu)
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MALANGTODAY.NET – Bank Indonesia bakal meresmikan uang pecahan terbaru Indonesia, tahun emisi (TE) 2016. Uang yang akan mulai dicetak pada Januari 2017 itu rencananya bakal dipenuhi dengan beragam foto pahlawan Indonesia loh. Baik yang pecahan uang kertas maupun uang logam.

Dikutip dari Tribun, beberapa perubahan memang dilakukan untuk uang baru itu. Pada bagian depan uang rupiah misalnya, yang akan menampilkan gambar pahlawan nasional. Sementara pada bagian belakang uang kertas akan disertai gambar tarian serta panorama keindahan nusantara.

“Untuk pecahan terbesar masih Rp 100 ribu, dan tetap dengan potret dua pahlawan proklamasi, Soekarno-Hatta,” kata Deputi Gubernur BI bidang Pengolahan Rupiah, Suhaedi.

Sedangkan pada pecahan Rp 50 ribu, lanjutnya, akan bergambar pahlawan Ir Djuanda Kartawidjaja. Selanjutnya pada pecahan Rp 20 ribu akan diisi dengan gambar Dr. G.S.S.J. Ratulangi, pecahan Rp 5 ribu, Dr. K.H. Idham Chalid, kemudian Frans Kaisiepo akan menghiasi pecahan Rp 10 ribu.

Sedangkan pahlawan asal Betawi M Hoesni Thamrin akan mewarnai pecahan kertas nominal Rp 2 ribu, dan Cut Meutia di Pecahan Rp 1.000.

Sementara pada uang logam, Gusti Ketut Pudja tampil di gambar uang Rp 1.000, Letjen TNI T.B. Simatupang Rp 500, dan Dr. Tjipto Mangunkusumo Rp 200. Untuk pecahan Rp 100 diisi gambar dari Prof. Dr. Ir. Herman Johannes.

“Karena pahlawan melakukan perjuangan dengan lingkup nasional memiliki kontribusi dan dampak besar, yang paling banyak diketahui publik menjadi prioritas. Sehingga meminimalisir kontroversi,” tambahnya.

Dia menambahkan, untuk menyertakan gambar pahlawan dalam pecahan rupiah tersebut, pihak BI juga telah mendiskusikannya terlebih dulu dengan pemerintah daerah asal para pahlawan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here