RADARMALANGID – Kala bepergian, ada saatnya Anda atau teman Anda menggunakan sikat gigi bersama-sama karena hanya membawa satu buah saja. Padahal, bertukar atau berbagi penggunaan barang pribadi seperti sikat gigi tidak dianjurkan.

Menurut KlikDokter (20/10), menggunakan sikat gigi milik orang lain, tak terkecuali pasangan maupun anggota keluarga lain, dapat memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk mulut dan gigi.

Di dalam rongga mulut, ada ratusan jenis bakteri yang berbeda. Meski tidak semua bakteri berbahaya, namun beberapa di antaranya, seperti Staphylococcus dan E. Coli dapat menimbulkan infeksi dan penyakit yang dengan mudahnya menular ke orang lain.

Menyikat gigi adalah salah satu metode utama dan paling umum untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dengan bertukar atau berbagi sikat gigi, ada risiko penularan berbagai jenis penyakit. Ini terjadi karena sikat gigi bisa menjadi sumber mikroorganisme.

Perlu diingat, setiap orang memiliki kondisi rongga mulut berbeda, dan Anda tak tahu bagaimana kondisi rongga mulut seseorang. Kadang, seseorang mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah atau peradangan pada gusi. Apabila Anda meminjam sikat gigi dari orang itu, maka risiko penularan penyakit bisa melalui aliran darah. Pertukaran darah ini jauh berisiko daripada pertukaran air liur.

Melansir National Dental Care (20/10), beberapa penyakit yang parah juga bisa menyebar, contohnya herpes, pneumonia, bahkan virus HPV dan HIV juga bisa ditularkan saat bertukar sikat gigi.

Pada orang dewasa yang sehat, kontaminasi sikat gigi terjadi lebih awal setelah penggunaan, dan akan meningkat ketika penggunaan dilakukan berulang kali. American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk membilas sikat gigi dengan air bersih setiap usai digunakan dan biarkan hingga kering. Jangan lupa untuk menyimpan sikat gigi dalam posisi tegak dan harus terpisah dengan sikat gigi lainnya.

Dengan menimbang berbagai bahaya yang disebutkan di atas tadi, itulah kenapa kita tidak dianjurkan untuk bertukar atau berbagi sikat gigi karena dapat menimbulkan adanya risiko penularan penyakit.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.