Tembok Berlin@MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET– Hari ini, 13 Agustus merupakan hari dimana banyak peristiwa bersejarah terjadi. Salah satu diantaranya adalah pembangunan Tembok Berlin.

Tembok yang dibangun pada 13 Agustus 1961 ini merupakan tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur). Tembok ini memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave (bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain).

Pembangunan tembok pembatas ini juga dibarengi dengan pembangunan
menara penjaga sepanjang tembok ini. Selain itu juga didirikan sebuah daerah terlarang, yang diisi dengan ranjau anti kendaraan.

Lantas apa alasan dari pembangunan tembok pembatas ini?

Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur.

Meski begitu, dalam praktiknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

Sebelum pembangunan tembok ini, terdapat 3,5 juta warga Jerman Timur yang bermigrasi dan membelot ke barat. Salah satu cara yang mereka gunakan adalah dengan melewati perbatasan Jerman Timur dan Jerman Barat, lalu kemudian mereka pun bisa pergi ke negara Eropa Barat lainnya.

Antara tahun 1961 dan 1989, tembok ini pun mencegah hal itu. Di rentang waktu kira-kira 30 tahun ini, ada sekitar 5.000 orang yang mencoba kabur, dengan estimasi ada 100 sampai 200 orang yang meninggal karena ditembak.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.