Berlaku Mulai Hari Ini, Kenaikan Tarif Pajak Kendaraan Bermotor Tuai Pro Kontra
Suasana pelayanan STNK di Samsat Karangploso

MALANGTODAY.NET – Hari ini kenaikan tarif kendaraan bermotor resmi diberlakukan. Banyak pro maupun kontra dari masyarakat Indonesia atas diberlakunya Peraturan Pemerintah  (PP) 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai pengganti PP No 50 Tahun 2010.

Beberapa tarif yang dinaikkan seperti pengesahan STNK kendaraan bermotor, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, dan surat izin serta STNK lintas batas negara. Kenaikan tarif tersebut mencapai 300 persen.

Baca Juga : Awal 2017 Tarif Pajak Kendaraan Bermotor Naik, Ini Rincianya

Seperti yang diwartakan tribun, masyarakat yang setuju  dengan kebijakan ini menilai jika kenaikan tersebut layak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan yang ada di Indonesia.

Sementara mereka yang menolak berasumsi jika kenaikan tarif seharusnya bertahap dan dimulai dengan sosialisasi berkelanjutan.

Presiden Jokowi pun mengatakan keberatan, dan meminta agar kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) itu diturunkan agar tidak terlalu tinggi.

Seiring dengan dengan kenaikan tarif pajak kandaraan bermotor ini, masyarakat berharap polisi lebih professional lagi dalam melayani masyarakat,

Paktisi ekonomi Pantun Bukit menilai kenaikan tarif pajak kendaraan bermotor  ini bukanlah terobosan yang baik, pasalnya banyak hal yang bisa dimaksimalkan. Ia menuturkan jika kenaikan tarif ini dapat mencekik masyarakat.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here