Berkat ‘Ketuk Pintu’ Penderita TBC Dapat Pengobatan Gratis
Ilustrasi penderita TBC © Twitter

MALANGTODAY.NET –Sebanyak 600 orang warga di enam kecamatan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menderita  tubercolusis (TBC) mendapat pengobatan secara gratis dari pemerintah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr Robert Amahek mengatakan, teridentifikasinya 600 penderita penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Myctobacterium tubercolusis itu diketahui setelah tim medis dari enam kecamatan mengelar program nasional ketuk pintu untuk menanggulangi masalah TBC di enam wilayah kecamatan tersebut.

Program nasional ketuk pintu di wilayah Kabupaten Kupang itu, menurut Robert, merupakan langkah penangulangan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian di dunia.

Enam kecamatan yang menjadi sasaran program ketuk pintu di daerah ini diantaranya Kecamatan Amarasi, Fatuleu, Kupang Tengah, Kupang Timur dan Kupang Tengah dan Amabi Oefeto.

“Program ketuk pintu untuk mengidentifikasi penderita TBC di kalangan masyarakat, kita harapkaan dengan program ini mampu menekan jumlah penderita TBC di Kabupaten Kupang karena dengan melakukan interfensi pengobatan secara dini akan mengurangi penyebaran TBC,” tegas Amaheka  pada Antara, Kamis (30/03).

Menurutnya,  tingginya kasus penyakit menular di daerah ini karena perilaku hidup sehat dan cakupan gizi yang dikonsumsi warga Kabupaten Kupang kurang memadai.

Amaheka berharap penderita TBC secara intensif melakukan pengobatan agar penyakit yang diderita sembuh secara total tanpa harus berhenti mengkonsumsi obat penyebuhan TBC.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.