MALANGTODAY.NET – Polisi menemukan bendera dan atribut Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Bendera mirip simbol GAM dan spanduk  bertuliskan ‘Bila NKRI dipimpin oleh pembela Ahok, maka kami bangsa Aceh akan menuntut PISAH DIRI DARI NKRI’, sempat berkibar di sekitar Masjid Istiqlal, pada Jumat (4/11).

Atas kejadian itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan telah berkoordinasi dengan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Sihab, mengenai bendera dan atribut GAM tersebut.

“Sudah saya sampaikan ke Habib Rizieq (Imam Besar FPI). Kenapa itu (bendera GAM) bisa terjadi dan langsung diamankan,” kata Iriawan.

Dilansir dari viva, kemunculan bendera dan atribut GAM tersebut sangat disayangkan olehnya. Sebab kepolisian telah mengimbau agar para pendemo untuk tidak memunculkan hal-hal yang berbau provokasi. Hal tersebut, agar aksi penyampaian pendapat ini bisa berjalan damai hingga akhir acara.

“Karena saya menuntut apa yang disampaikan oleh korlap (koordinator lapangan) bahwa tidak akan ada provokasi,” katanya.

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa besar-besaran ini diikuti oleh  ribuan orang dari berbagai lembaga dan daerah di Tanah Air. Langlah protes ini merupakan buntut dari tindakan Basuki  Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diduga melakukan penistaan agama.

Berikan tanggapan Anda