Ilustrasi tunjangan PNS © Liputan6.

MALANGTODAY.NET – Sebagian orang terkadang berkeinginan menjadi Pegawai negeri sipil (PNS), pasalnya mereka dapat gaji dan tunjangan rutin setiap bulan. Namun benarkah PNS non sertifikasi tidak akan mendapat tunjangan?

Dinas Pendidikan Manado, Sulawesi Utara, menegaskan tidak ada dana tunjangan khusus bagi pegawai termasuk guru non sertifikasi.  Hal itu dikarenakan tak ada dasar hukum pembayarannya.

“Kami sudah menerima pemberitahuan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai hal tersebut, saat mengikuti Musrenbangnas di Jakarta,” kata Kepala Disdik Manado, Deasy Lumowa di Manado, Senin (13/03).

Dalam Musrenbang bersama beberapa kepala sekolah dari Manado, menanyakan hal tersebut, sebab Manado sudah mengusulkan sekitar 3.200 orang pegawai non sertifikasi ke Kemendikbud untuk mendapatkan tunjangan.

Tetapi menurutnya, berdasarkan penjelasan dari Kemendikbud bahwa tidak ada perintah dari Presiden baik dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) atau Intruksi Presiden (Inpres) kepada kementerian keuangan untuk membayar tunjangan pegawai non sertifikasi, sehingga tak bisa dibayarkan.

“Karena itu, dengan berat hati kami harus menyampaikan kepada 3.200 guru non sertifikasi bahwa tidak ada pembayaran dana tersebut, meskipun Manado sudah mengusulkan nama-nama ke kementerian untuk mendapatkan bantuan tersebut,” katanya.

Dikutip dari antara, Deasy minta pegawai terutama para guru non sertifikasi untuk bersabar dan berlapang dadang karena memang pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin agar pegawai mendapat haknya, namun ternyata tidak ada dasar hukum yang mengatur hal tersebut.

Ia mengingatkan para guru non sertifikasi agar tetap bekerja maksimal, meski tidak ada tunjangan tambahan mereka tetap digaji oleh pemerintah.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here