Wajib Tahu, Belanda Tak Pernah Jajah Indonesia Sampai 3,5 Abad!
Benarkan Belanda jajah Indonesia selama 350 tahun?

MALANGTODAY.NET – Selama ini sejarah menggoreskan tinta yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia dalam perjalanannya menuju bangsa yang merdeka telah mengalami serangkaian penjajahan bangsa asing. Mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, hingga Jepang. Belanda diklaim sebagai yang terlama menjajah Indonesia, yaitu 3,5 abad namanya. Wow!

Pernahkah kita bertanya-tanya, apakah kalkulasi seperti itu benar adanya? Apakah setiap jengkal tanah dari negeri Indonesia pernah dijajah oleh Negeri Tulip selama itu?

Baca Juga: Hari Kemerdekaan, 173 Pelajar Bentangkan Bendera Merah Putih di Kota Malang

Maka dari itu, dalam momen kemerdekaan yang fantastis ini, mari kita rayakan dengan cara yang benar, akal yang berani, dan nurani yang suci. Benarkan Indonesia dijajah 3,5 abad oleh Belanda?

Hitungan yang Salah Tentang Awal Mula Penjajahan Belanda
Hitungan yang Salah Tentang Awal Mula Penjajahan Belanda
Kedatangan Belanda ke Banten @Pinterest

Selama ini hitungan tahun dalam sejarah yang diajarkan di Indonesia mencatatkan bahwa awal mula penjajahan Belanda dimulai pada tahun 1596. Tepatnya, saat Cornelis de Houtman pertama kali menginjakkan kaki di Banten.

Hal ini jelas keliru. Dikutip dari New International Encyclopedia, pertama, kedatangan de Houtman ke Banten waktu itu bukanlah dalam rangka invasi militer penjajahan, melainkan penjajakan dagang. De Houtman dikatakan membuka jalan bagi bangsa Eropa untuk ekspedisi perdagangan rempah-rempah yang mulai langka di Eropa. Kedua, de Houtman berstatus sebagai penjelajah, seperti halnya Columbus, Vasco da Gama, dan nama-nama lain. Kedatangannya pun waktu itu disambut dengan baik oleh Kerajaan Banten. Jadi, tahun 1596 tak bisa dikatakan secara mutlak sebagai awal penjajahan bangsa Belanda.

Baca Juga: Monumen Kemanunggalan, Sinergi Rakyat dan TNI Wujudkan Kemerdekaan

VOC Maksimal 340 tahun
VOC Maksimal 340 tahun
Salah satu peninggalan VOC @Guru Geografi

Jika yang dikatakan penjajahan adalah awal mula pendudukan VOC di Indonesia, maka hal itu adalah salah besar. Sebab, dalam riset yang dilakukan oleh Ko Unoki pada 2012 berjudul A Seafaring Empire, VOC baru dibentuk pada tahun 1602. Jika ditambahkan 350 tahun, maka Indonesia baru dikatakan merdeka tahun 1952. Lalu bagaimana dengan proklamasi 17 Agustus 1945 dan pengakuan kedaulatan di tahun 27 Desember 1949?

Maka bisa dikatakan bahwa persepsi yang mengatakan bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun perlu dipertanyakan lagi.

Tidak Semua Daerah Dipukul Rata
Tidak Semua Daerah Dipukul Rata
Aceh dikuasai Belanda tak sampai 40 tahun @Sejarah

Narasi penjajahan Belanda selama 350 tahun menyebar dalam kitab-kitab sejarah di seluruh muka bumi. Namun benarkah setiap jengkal dari tanah Nusantara yang maha luas ini dikuasai oleh Belanda selama itu?

Mari kita cermati dengan seksama. Kecualikan Banten dan Maluku karena keduanya dikuasai Belanda pada awal-awal pendudukan (Maluku dan Ambon tahun 1630). Setelah itu, Belanda baru melakukan penaklukan ke seluruh Nusantara baru pada abad ke-20, tepatnya saat pemberlakuan Politik Etis. Sebagai catatan, dalam riset Alfian Ibrahim bertajuk Aceh and the Perang Sabil, Aceh baru dikuasai pada 1904 –bahkan baru berkuasa sepenuhnya di tahun 1912-. Selain itu, Bali juga baru dikuasai pada 1906. Berarti, keduanya tak pernah dikuasai lebih dari 40 tahun. Tidak ada seperdelapannya dari 3,5 abad!

Baca Juga: Bukti Penghormatan Kota Malang kepada Sang Jenderal

Nama Indonesia
Nama Indonesia
Nama Indonesia berasal dari asing @Steemit

Penggunaan nama Indonesia adalah hal terancu yang pernah ada. Sederhananya begini, jika Indonesia baru menjadi negara pada 17 Agustus 1945, tepat setelah merdeka. Sebelumnya, nama mereka adalah Hindia–Belanda.

Artikel Irfan Anshory berjudul Asal Usul Indonesia dalam Pikiran Rakyat tahun 2006 menyatakan bahwa  nama Indonesia cukup meragukan secara orisinalitas karena nama ini dikemukakan oleh James R. Logan dan George S.W. Earl. Kapan nama ini diciptakan? 1850! Sampaikah pada 3,5 abad jika dihitung ke tahun 1945?!


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...