Belajar dari Kasus Ratna Sarumpaet, Mending Bikin List Alasan Dulu!
Cameo Project feat. Deddy Corbuzier dan Majelis Lucu Indonesia @YouTube

MALANGTODAY.NET – Hoax Ratna Sarumpaet masih menjadi bahan perbincangan banyak pihak. Pengakuan bohong Ratna bahwa ia mengalami tindak penganiayaan di Bandung itu membuat YouTuber angkat bicara. Salah satunya adalah CameoProject yang kerap menyuguhkan konten opini menanggapi fenomena yang beredar di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan ini, CameoProject yang digawangi oleh Reza Nangin dan Martin Anugrah berkolaborasi dengan YouTuber ternama Indonesia, yaitu Deddy Corbuzier yang juga dikenal sebagai mentalis dan presenter, serta Tretan Muslim dan Coki Pardede yang tergabung dalam Majelis Lucu Indonesia (MLI). Episode ini membahas khusus seputar drama Ratna Sarumpaet.

Baca Juga: Rekening Sumbangan Dipakai Bayar Oplas, Keluarga Korban: Ratna Terlalu Tega

Video kolaborasi ini menampilkan pendapat dari masing-masing pihak. Ketiganya sepakat mempertanyakan inisiatif apa yang melatarbelakangi Ratna untuk melakukan tindakan itu. Deddy Corbuzier memberikan pembelaan bahwa orang yang melakukan oplas cenderung malu untuk mengakuinya.

“Gue nggak pernah menyalahkan kalau orang itu malu mengakui (oplas) itu gue tidak pernah menyalahkan. Karena mungkin buat mereka itu sesuatu yang mungkin diharamkan,” tutur Deddy.

Meski membela, namun Deddy tetap mempertanyakan mengapa Ratna harus menggunakan alasan dipukuli. Karena menurutnya, oplas tak jauh berbeda dengan menggunakan make up yang tujuannya sama-sama untuk penampilan.

Baca Juga: Bertopeng Ratna hingga Prabowo, APAH Tuntut Penyebar Hoax Dihukum

Hal ini ditimpali oleh Coki Pardede dari MLI. Ia menilai bahwa jawaban Ratna saat ditanya anaknya bisa jadi merupakan jawaban spontan yang terbesit begitu saja di benaknya. Ia pun memberi saran kepada orang-orang yang akan melakukan operasi plastik untuk membuat alasan ketika nanti ditanyai pasca operasi.

“Bikinlah list alasan untuk anda. Sudah siap-siap. Ini kalau anda bertemu dengan keluarga ‘mama ini kenapa’ saya sudah menyiapkan alasannya,” saran Coki.

Berikut ini video selengkapnya.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...