Bendera Indonesia Terbalik.jpg2
Tampilan desktop laman diduga milik Malaysia tersebut berisi kalimat bernada peringatan, "Bendera Negaraku Bukanlah Mainan"

MALANGTODAY.NET – Tak hanya mengecam di media sosial Twitter dengan membuat tagar #ShameOnYouMalaysia, kesalahan pihak panitia penyelenggara SEA Games 2017 dengan mencetak bendera Indonesia secara terbalik juga membuat peretas beraksi.

Peretas yang mengatasnamakan Indonesian Hacker Rules, meretas laman www.kualalumpurmalaysia.com yang diduga milik Malaysia.

Peretasan tersebut diduga sebagai balasan atas pemasangan gambar bendera Merah Putih terbalik di buku panduan Sea Games ke-29 oleh pihak Malaysia.

Saat ditelusuri MalangTODAY.net, Senin (21/8) muncul gambar buku panduan Sea Games yang menampilkan kesalahan pemasangan bendera negara Indonesia dan potongan surat kabar yang ikut memasang bendera Merah Putih terbalik.

Di samping itu, tampilan desktop laman tersebut berisi kalimat bernada peringatan, “Bendera Negaraku Bukanlah Mainan”.

Lagu “Indonesia Tanah Air Beta” juga terdengar ketika laman itu dibuka. Nama-nama anonim diduga para peretas juga ikut ditampilkan di bagian bawah situs.

Sementara, jika dua gambar katalog Sea Games di laman tersebut dipilih, maka akan berpindah ke laman lain.

Seperti diketahui, Menpora Imam Nahrawi dan Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin juga melakukan pertemuan terkait permasalahan ini.

“Di pertemuan itu Menporanya sudah minta maaf. Tapi di situ Menporanya mengatakan kita sudah minta maaf dan akan ada permintaan resmi oleh Menlu Malaysia,” ungkap Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi.

Retno juga mengatakan bahwa Menpora Malaysia dan Menlu Malaysia juga sudah melakukan pertemuan serta komunikasi dan diputuskan Menlu Malaysia akan menyampaikan permintaan maaf secara resmi.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here