MALANGTODAY.NET – Bakamla RI akan menjadi tuan rumah pada ajang bergengsi di dunia kemaritiman dengan mempertemukan Kepala Coast Guard dari 22 negarai di wilayah Asia. Pernyataan ini disampaikan Kepala Bakamla RI pada kesempatan wawancara di salah satu stasiun televise swasta, Kamis (22/9/2016).

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., menegaskan bahwa ini merupakan kali kedua untuk Bakamla RI mewakili Indonesia dalam kegiatan ini. “Awalnya Bakamla RI, yang dahulu Bakorkamla RI, sudah pernah memfasilitasi kegiatan ini pada Tahun 2009. Setelah terdapat jeda beberapa tahun, barulah Bakamla RI memiliki kesempatan lagi untuk menjadi tuan rumah pada tahun ini,” ungkapnya.

Kegiatan yang bertajuk Head of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ini merupakan forum kerja sama negara-negara di Asia di bidang keamanan maritime yang bersifat sukarela. Kegiata ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran negara-negara di Asia akan terjadinya peningkatan insiden keamanan maritim pada Tahun 1999, khususnya di wilayah perairan Asia Tenggara. Untuk menangani hal tersebut, Jepang mengusulkan diselenggarakannya pertemuan otoritas penting di Asia yang berwenang menangani isu keamanan maritime.

“Melalui wadah ini, HACGAM bertujuan untuk membangun dan mengembangkan kemampuan organisasi/badan Coast Guard di seluruh kawasan Asia melalui diskusi dan latihan bersama terkait dengan seluruh isu keselamatan dan keamanan maritime,” tutur Kepala Bakamla RI.

“Karena isu keamanan dan keselamatan laut saat ini sudah merambah kepada trans national crime (tindak kejahatan lintas negara), maka tidak mungkin suatu negara dapat menanganinya sendiri tanpa campur tangan negara lain. Oleh karena itu, negara-negara di Asia pada khususnya dan seluruh negara di dunia pada umumnya, harus bekerja sama dengan harmonis untuk saling membantu menangani isu yang timbul,” tambahnya.

Kegiatan yang dibahas dalam HACGAM meliputi search and rescue (SAR), perlindungan lingkungan, mencegah dan mengendalikan tindakan melanggar hukum di laut dan pengembangan kapasitas.

Pada kesempatan terdahulu, telah diselenggarakan kegiatan Working Level Meeting (WLM) sebagai kegiatan pendahuluan acara HACGAM Ke-12 pada tanggal 18 – 19 Mei 2016 di Crowne Plaza Hotel, Jakarta.

“Kami sudah tidak sabar untuk menyambut pada delegasi HACGAM Ke-12 di Jakarta. Semoga acara ini memberikan dampak positif bagi negara-negara peserta pada khususnya dan seluruh negara di dunia pada umumnya”, tutur Kepala Bakamla RI saat mengakhiri wawancara.

HACGAM Ke-12 akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Oktober 2016 di Fairmont Hotel Jakarta dengan mengundang Kepala Coast Guard dari negara peserta seperti Bangladesh, Brunei Darussalam, RRT, Hongkong, India, Australia, Filipina, Jepang, Kamboja, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Singapura, Sri Langka, Thailand, Vietnam dan Maladewa serta menghadirkan observer dari 2 negara tentangga yaitu Jepang dan Singapura.(prl/del)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here