KOTA MALANG – Dinas Pendidikan Kota Malang menyelenggarakan Green School Festival 2019 yang bertujuan untuk menanamkan cinta lingkungan kepada anak sejak usia dini, dan telah melaksanakan kegiatan sosialisasi bertempatkan di SMA Negeri 5 Malang, Selasa, 17 September 2019.

“Untuk agenda terdekat ada workshop hari Senin-Selasa di Hotel Aria Gajayana,” ujar Bachtiar Eko, Perwakilan Event Organizer Jawa Pos Radar Malang, saat ditemui radarmalang.id (20/9).

Green School Festival diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dengan didasari masalah lingkungan yang tengah menjadi perbincangan, terutama masalah global warming, dimana hal ini dapat terjadi karena menipisnya lapisan ozon, menyebabkan peningkatan temperatur global. Dengan ini, salah satu cara untuk dapat menanggulangi pemanasan global adalah menggunakan metode Participatory Eco-Education Appraisal.

Bentuk dari kegiatan Green School Festival 2019 ini adalah lomba mading 3D dengan tema lingkungan sekolah sehat, sekolah ramah anak, dan pendidikan anti korupsi. Bagi sekolah yang turut berpartisipasi, Dinas Pendidikan akan melakukan penjurian selama total 14 hari, dimulai pada 7-11 dan 14-16 Oktober di SD Negeri-Swasta, serta hingga 17-18 dan 21-24 Oktober 2019 di SMP Negeri-Swasta dan para juara akan dianugerahi penghargaan pada 6 November 2019 mendatang.

Penganugerahan yang diberikan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah Juara 1,2,3 dan Harapan 1 dan 2. Sekolah yang berhak meraih juara-juara tersebut harus melalui teknis penilaian terlebih dahulu dari aspek penjurian di sekolah, ukuran mading 3D, serta kesiapan dalam keikutsertaan lomba dari pihak sekolah.

Menariknya lagi, karya mading 3D sekolah yang menjadi finalis tingkat SD dan SMP Green School Festival 2019 berhak untuk dipamerkan saat Penganugerahan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Lebih lanjut, bagi sekolah-sekolah di Malang yang akan berpartisipasi dalam Green School Festival, silakan unduh softfile sosialisasinya di sini.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Dok. Dinas Pendidikan Kota Malang
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.